Strategi Rakuten Bidik User di Mobile

Mobile commerce diprediksi bakal populer seiring dengan makin cepatnya peralihan dari satu teknologi mobile ke teknologi mobile lainnya. Frost & Sullivan 2010 mencatat bahwa pengguna m-commerce di Indonesia akan tumbuh dengan rataan 67% di 2010-2015. Bahkan pada 2015, pelanggan m-commerce diprediksi mencapai 145,2 juta jiwa. Sementara itu Jurnal International Journal of Computer Applications & Information Technology mengasumsikan bahwa pada tahun 2016 pelanggan selular Indonesia akan mencapai 371 juta jiwa.

Ryota Inaba, Presiden Direktur & CEO  PT Rakuten-MNC

Kondisi ini menyebabkan sebagian besar peritel bakal beralih ke solusi penjualan online lewat ponsel pintar atau tablet. Demikian halnya dengan Rakuten Indonesia yang mengantisipasi fenomena ini. Retail online yang berpusat di Jepang tersebut yakin bahwa perangkat multi-mobile akan digadang pelanggan sebagai salah satu langkah praktis dalam melakukan transaksi order di tahun 2013. Hal ini ditekankan oleh Ryota Inaba, Presiden Direktur & CEO PT Rakuten-MNC setelah melihat market Indonesia yang makin merata secara geografis dalam aktivitas belanja online.

“Kami melihat ada  pergeseran transaksi belanja online, dari Jakarta menyebar ke daerah. Rasionya kini 55 persen di Jakarta dan 45 persen di daerah-daerah. Memang, 70 persen diantaranya melakukan order gadget. Pelanggan Indonesia jelas-jelas melakukan belanja online,” kata Inaba.

Lebih jauh, Inaba mengatakan bahwa ritel jenis apapun, konsumen adalah kunci kesuksesan, sementara mobile dan sosial media menjadi peluang bagi peritel untuk berhubungan dengan secara lebih personal. “Selaku industry retail, kami perlu membangun kepercayaan konsumen pada platform belanja mobile dan sosial, dengan membuat pengalaman belanja online yang lebih baik, menjangkau konsumen dengan penawaran yang tepat dan memastikan pembayarannya aman, lancar, dan bebas gangguan. Di samping itu, key touch di 2013 ini adalah memaksimalkan user experience untuk logistik dan paymentnya,” tegas Inaba. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)