Strategi Sanken Dongkrak Market Share Mesin Cuci

Banyak jalan untuk mencapai target penjualan, mungkin demikian prinsip PT Sanken Argadwija untuk mendongkrak market sharenya. Produsen produk elektronik merek Sanken itu, gencar mengembangkan berbagai strategi guna meningkatkan penjualan produknya khususnya mesin cuci, di tahun 2014 ini.

Di Indonesia, pasar mesin cuci terus bertumbuh, pada tahun 2014 ini diperkirakan permintaan mesin cuci mencapai 2,5 juta unit. Oleh karena itu PT Sanken Argadwija pun meningkatkan target market share dari 17 % pada tahun 2013 menjadi 25 % untuk tahun 2014 ini dan target penjualannya menjadi 5000 unit/bulan.

Tiga strategi disiapkan, yakni yang pertama, meluruncurkan tipe-tipe baru dengan fitur yang lebih canggih. Produk baru tersebut yaitu tipe QW-S101G, QW-S892 dan AW-5803. Tipe QW-S 892 adalah mesin cuci satu tabung yang memiliki 4D-X-tor technology, layar LED yang besar, spin power 285 watt dengan kapasitas 8 kg.

Direktur Marketing Sanken, Teddy Tjan, menjelaskan, pihaknya optimis mesin satu tabung tipe QW-S 892 (full auto) yang dibanderol Rp 2,4 juta itu akan direspon baik oleh pasar, meskipun saat ini penjualan mesin dua tabung (semi auto) masih mendominasi. Menurut Teddy, saat ini penjualan mesin dua tabung (semi auto) mencapai 60 % sedangkan mesin satu tabung (full auto) hanya 40 % “Perlahan akan terjadi pergeseran, dengan membaiknya daya beli nantinya permintaan full auto akan terus meningkat,” jelas Teddy yakin.

Strategi lainnya adalah dengan menggandeng Unilever, dalam hal ini produk Rinsomatic dan Molto sebagai partner. Lewat kerja sama ini akan memberikan kesempatan kepada Unilever untuk mengenalkan produk deterjennya yang diproduksi khusus untuk mesin cuci sekaligus cairan pelembut pakaiannya “Jadi kedua produk itu akan diberikan gratis bagi pembeli mesin full auto” jelas Teddy. Promo ini berlaku selama Juni-Juli 2014.

Selain itu, untuk memutar roda penjualan, Sanken mempercayakan Electronic City sebagai toko ritel elektronik modern untuk menjual mesin cuci varian terbaru Sanken, sehingga penetrasi pasarnya lebih luas.

Direktur Commercial and Investor Relation Electronic City, Fery Wiraatmadja, mengungkapkan pihaknya sangat siap menerima kepercayaan Sanken “Kami memiliki 61 toko di seluruh Indonesia dan portal online, jadi kami yakin pera pelanggan Sanken akan lebih mudah mendapatkan produk yang diinginkan” jelas Fery. Saat ini PT Sanken Argadwija, yang memiliki pabrik di Curug- Tangerang itu, memproduksi 360.000 unit mesin cuci setiap tahunnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)