Strategi Vidio.com Untuk Genjot Trafik

Untuk merebut perhatian netizen, media social berbagi video Vidio.com pun menggelar kompetisi musik online bertajuk Vidio.com Music Battle. Start up besutan PT Kreatif Media Karya (KMK) Online, anak usaha dari Elang Mahkota Teknologi (Emtek) itu pun menggaet empat musisi papan atas sebagai juri dan mentor dalam kontes tersebut yakni, Ariel dan Uki dari grup band Noah, Giring dari Nidji serta Momo dari Geisha.

Kompetisi itu sendiri dimulai pada 24 November 2015 dan akan berakhir pada 19 Februari 2016. Kompetisi ini merupakan ajang yang sama dengan Music Vidio Contest 2014, yang juga bertujuan untuk menjaring bakat-bakat baru serta kreatifitas anak bangsa di dunia musik.

Vidio.com Music Battle terbuka untuk semua umur dan semua kalangan di seluruh wilayah Indonesia. Peserta dapat menunjukan potensi, bakat serta kreativitas dengan menggunggah video bernyanyi di kanal Vidio.com. Masing-masing juri akan memilih 10 orang terbaik untuk menjadi tim-nya, sehingga terkumpulkan 40 orang terbaik.

Foto 1b

Selanjutnya akan berjalan sistem voting untuk memilih 20 peserta unggulan. Puncaknya, 5 grand finalis akan unjuk kebolehan secara langsung pada 19 Februari 2016. “Vidio.com Music Battle akan membawa pengalaman pencarian bakat online ke offline yang belum pernah diterapkan di ajang pencarian bakat di Indonesia saat ini,” ujar Prami Rachmiadi, Chief Marketing Officer PT Kreatif Media Karya (KMK Online), saat acara Konferensi Pers Peluncuran Vidio.com Music Battle.

Pada kesempatan yang sama Ariel ‘Noah’ menyampaikan dukungannya kepada Vidio.com. “Kehadiran Vidio.com Music Battle sebagai sarana dalam menyalurkan serta menampung kreatifitas anak Indonesia patut dipuji. Pastinya kompetisi ini dapat mempercepat proses sekaligus memperluas jangkauan pencarian bakat musik tanah air,” katanya.

Giring Ganesha, personil dan vokalis grup musik Nidji juga menambahkan, “Perkembangan teknologi banyak memberikan dampak positif terhadap musisi muda di Indonesia. Dan melalui wadah seperti Vidio.com Music Battle ini, mereka akan dihadapkan dengan sebuah peluang emas untuk menunjukan bakat dan talenta musik mereka. Tentunya kami sebagai juri dan mentor juga sudah tidak sabar untuk bisa turut ambil bagian dalam kompetisi ini.”

Pemenang Vidio.com Music Battle ini nantinya mendapatkan hadiah uang tunai bernilai ratusan juta rupiah. Kontes musik ini merupakan salah satu strategi Vidio.com dalam menarik pengunjung internet. Sejak dibesut Agustus tahun lalu, Vidio.com yang mengkhususkan dalam video buatan Indonesia itu sudah memiliki koleksi 160 ribu video yang diunggah oleh para pengunjungnya.

“Saat ini viewers kami mencapai 7 juta dengan total 24 juta play per bulan. Harapannya kami bisa meningkatkan jumlah itu sebanyak 30% dalam tiga bulan ke depan,” ujarnya.

Saat ini, pemasukan Vidio.com sepenuhnya berasal dari iklan dan sponsor. Untuk menambah daya tarik bagi netizen, bagi para pengunggah video akan mendapat semacam royalty atas popularitas video mereka jika mencapai jumlah penonton tertentu. “Untuk pengunggah akan mendapat 40% dari iklan yang tayang sementara bagi kami 60%,” jelas Prami.

Sebagai catatan, portfolio KMK Online lainnya mencakup Liputan6.com, Bintang.com, dan Bola.com. Sementara induknya, Emtek, menaungi SCTV, Indosiar, O Channel, Nexmedia, dan Screenplay Productions.

Eddy Dwinanto Iskandar

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)