Strategi XL Menjaring TKI Melalui Layanan XL Tunai

PT XL Axiata Tbk. melihat peluang dari fakta bahwa Indonesia merupakan negara pengekspor TKI (Tenaga Kerja Indonesia) terbesar di dunia. Melalui layanan XL Tunai, XL membidik para pahlawan devisa yang jumlahnya lebih dari tiga juta orang lebih.

Strategi yang diterapkan untuk menjaring TKI adalah memperkaya fitur XL Tunai. Jika layanan XL Tunai sebelumnya hanya bisa melakukan pengiriman dan penerimaan uang di dalam negeri, ke depannya layanan ini diperkaya hingga memungkinkan pengirim yang berada di luar negeri dapat dengan mudah mengirim uang ke keluarganya di Indonesia.

Untuk memuluskan layanan ini, XL menggandeng Western Union, Celcom Axiata (Air Cash) dan Alfamart. Setiap TKI yang melakukan pengiriman uang melalui Western Union terutama dari Malaysia, Arab Saudi, Hong Kong, Singapura yang merupakan negara tempat TKI berada terbanyak, serta lebih dari 100 negara lainnya, kemudian oleh keluarganya di Tanah Air uang tersebut bisa diambil di Alfamart atau agen/XL Center, dealer XL dan retail XL bertanda khusus. Sedangkan  pengiriman melalui Celcom Axiata bisa dilakukan dari pelanggan Celcom di Malaysia.

Penerima kiriman uang haruslah pengguna XL dan mengaktifkan akun XL Tunai. Penerima uang akan mendapat notifikasi berupa SMS yang menginformasikan bahwa telah menerima kiriman uang dalam bentuk saldo XL Tunai. Cara melakukan cek saldo dengan mengakses *123*120#.

“Layanan ini memungkinkan pengiriman uang secara cepat, aman dan mudah. Juga membantu pemerintah untuk menekan peredaran uang tunai melalui program cashless money,” ujar Direktur Teknologi, Konten dan New Business XL, Dian Siswarini, di Jakarta, Senin (4/2).

XL Tunai juga diperkaya dengan fitur Cash on Delivery atau layanan antar uang untuk beberapa kota di Pulau Jawa seperti Jakarta, Cirebon, Tegal, Indramayu, Sumenep, Jember oleh petugas XL (Pak Tunai).

Untuk pengiriman uang dari luar negeri, koversi mata uang dilakukan di agen pengiriman di luar negeri, sedangkan XL menerimanya dalam Rupiah. Biaya transaksi mulai dari Rp 5.000 jika penarikan di bawah Rp 200 ribu dan Rp 10.000 jika penarikan maksimal Rp 5 juta.

“Saat ini sebanyak 250 ribu pelanggan XL sudah memanfaatkan layanan XL Tunai ini. Sebanyak 10 ribu agen di seluruh Indonesia juga sudah melayani XL Tunai,” katanya.

Layanan XL Tunai selama ini juga memungkinkan transaksi di hampir 7000 merchant antara lain di restoran dan toko retail, termasuk belanja online di Multiply.com, Blibli.com dan belanja di Alfamart. Selain itu bisa untuk pembayaran PLN, pembelian tiket Lion Air dan Garuda Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)