Telkom Dukung Pariwisata Cirebon dengan e-Ticketing

Kota Cirebon kaya akan nilai sejarah. Ada banyak destinasi wisata di salah satu kota tertua di Pulau Jawa ini. Semuanya memiliki kekayaan sejarah dan pesona kebudayaan yang luar biasa menarik. Cirebon pernah menjadi pusat peradaban Islam di Nusantara setelah Sunan Gunung Jati melepaskannya dari kerajaan Sunda Pajajaran.

Ada Keraton Kasepuhan, Taman Sari Gua Sunyaragi, Banyu Panas Palimanan, Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Keraton Kanoman, Taman Wisata Siwalk, hingga pusat Kerajinan Batik Trusmi. Wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang juga harus menikmati ragam kuliner Cirebon yang tentu saja menggugah selera. Untuk memudahkan wisatawan dan meningkatkan akses informasi, sejumlah tempat wisata di Cirebon akan menerapkan sistem e-ticketing dan web commerce dengan dukungan PT  Telekomunikasi Indonesia Tbk.

Keraton Kasepuhan Cirebon Keraton Kasepuhan Cirebon

Khusus untuk layanan di Kasepuhan Cirebon, akan diresmikan oleh Gusti Sepuh XIV Kesultanan Cirebon Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat, CEO PATA (Pacific Asia Travel Association) Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetjo, dan Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin, Selasa (3/3) di Keraton Kasepuhan Cirebon.

Telkom bekerja sama dengan Pacific Asia Travel Association (PATA) bersinergi untuk membangun infrastruktur sarana dan prasarana yang terintegrasi berbasis informasi, komunikasi, dan teknologi (ICT) untuk industri pariwisata Indonesia.

Telkom sebagai perusahaan penyedia layanan dan jaringan telekomunikasi terbesar di Indonesia yang telah melakukan transformasi bisnisnya ke arah TIMES (Telecommunication, Information, Media, Edutainment dan Services) berkompeten dalam memberikan solusi sistem manajemen destinasi online seperti e-commerce dan e-ticketing untuk mendukung pariwisata Indonesia menjadi destinasi utama pariwisata dunia.

“Penerapan Web Commerce dan E-Ticketing di Keraton Kasepuhan Cirebon ini adalah hal yang sangat menarik karena mengkolaborasikan antara culture dengan ICT. Hal ini menjadi sangat penting bagi kelestarian budaya Indonesia,” Demikian rilis resmi Telkom.

PATA Indonesia Chapter adalah asosiasi regional yang berperan sebagai katalis bagi pengembangan industri pariwisata Asia Pasifik dengan anggota dari pihak swasta dan pemerintah. PATA mendorong pertumbuhan pariwisata yang bernilai, berkualitas dan berkelanjutan di kawasan Asia Pasifik. Salah satu cara PATA Indonesia Chapter untuk meningkatkan pemasaran dan promosi pariwisata terintegrasi adalah melalui penerapan sistem manajemen destinasi online.

Perkembangan informasi dan teknologi membuat penyebaran informasi tentang suatu obyek wisata seperti tiada batasnya. Budaya selalu menarik bagi wisatawan asing, terutama dari negara maju. Mereka biasanya mencari informasi lebih dulu mulai dari akomodasi, event, makanan khas sampai dengan budaya yang menarik di internet.

Dengan adanya penerapan sarana promosi pariwisata yang terintegrasi, diharapkan kawasan wisata Keraton Kasepuhan Cirebon dan yang lainnya menjadi salah satu destinasi utama pariwisata Indonesia.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)