“Supermarket” Oriflame = Catalouge dan Konsultan

Oriflame berani mengklaim diri sebagai produk kosmetika nomor 1 di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan 2 hal. Pertama, number of product. Kedua, jumlah konsultan. Penjualan di Indonesia sendiri termasuk yang paling tinggi jika dilihat dari kacamata global. Indonesia menempati urutan ke-3 di dunia untuk kategori penjualan dan goal. Sementara nomor 1 dan 2 masing-masing dipegang Rusia dan Ukraina. “Karena Indonesia is growing market, kebetulan pasar Amerika dan Eropa sekarang sedang tidak begitu bagus, jadi lebih mengarah ke Asia.” Kata Roslina Situmeang, Direktur Pemasaran Oriflame Indonesia.

Roslina menyatakan bahwa posisi Indonesia di Asia sendiri menang telak berada di urutan pertama, disusul India dan Cina. Memang perusahaan yang berpusat di Swedia sejak 1967 ini sekarang mulai melirik potensi Asia. Dengan Swedish nature product-nya, budaya yang dibawa bersifat “glocal”, artinya produk boleh global, namun disesuaikan dengan market masing-masing. Sehingga Oriflame pun tak perlu takut kalau-kalau tidak diterima oleh jenis kulit Asia.

Adapun rencana pemasaran produk Oriflame kali ini cenderung unik. Hal ini disebabkan karena Oriflame bersifat direct selling company. Rosalina menyatakan, bahwa Oriflame memang tidak bisa ditemukan di retail-retail seperti kosmetika pada umumnya. Namun demikian Oriflame dapat sampai ke tangan konsumen melalui tangan-tangan handal konsultannya. “Sebanyak 300 ribu orang konsultan kini berada di bawah naungan Oriflame Indonesia. Lalu bagaimana cara kami memasarkannya? Setiap bulan kami ada catalouge yang memberikan info semua jenis produk kami yang saat ini berjumlah 350 varian. Nah, catalouge dan konsultan inilah yang istilahnya menjadi “supermarket”-nya konsumen,” Roslina menerangkan.

Memang, peran konsultan sangat berpengaruh besar sebagai upaya menggenjot pertumbuhan yang ditargetkan akhir tahun mencapai lebih dari 30%. Dari situlah kini cara pembinaan konsultan dibagi menjadi 2 sistem, online dan offline. Sebanyak 95% konsultan memang berasal dari wanita, terutama wanita yang ingin memiliki penghasilan tambahan. Untuk itulah fasilitas seperti Oriflame Academy, training mengenai produk, training mengenai online semakin digiatkan. “Kalau untuk hadiah, kami sudah memperbaharui mobil untuk diberikan sebagai reward dari Camry menjadi BMW X1. Dan sudah ada sekitar 4 yang dapat,” Roslina menambahkan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)