Suzuki New SX4 S-Cross Terjual 88 Unit di GIIAS 2016

Pameran otomotif Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2016 telah mampu membukukan transaksi sebanyak 15.911 unit dari 25 Agen Pemegang Motor (APM). Salah satu APM yang menyumbang penjualan adalah Suzuki yang telah mampu menjual sebanyak 624 unit selama acara tersebut berlangsung.

Davy J Tuilan, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (kiri) pada launching Suzuki New SX4 S-Cross Davy J Tuilan, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (kiri) pada launching Suzuki New SX4 S-Cross

Menurut Davy J Tuilan, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), salah satu mobil yang diminati adalah mobil keluaran baru Suzuki yaitu New SX4 S-Cross yang termasuk kelas SUV Crossover. Keluaran terbaru Suzuki ini telah terjual 88 unit selama pelaksanaan GIIAS 2016 dan baru diluncurkan pada pembukaan GIIAS di 11 Agustus 2016 kemarin.

Davy mengaku, Suzuki R3 masih menjadi backbone dengan 56% dari total penjualan. Di posisi kedua ditempati mobil pick up yang terjual 19%, Suzuki New SX4 S-Cross 13% dan sisanya 10%. “Suzuki R3 masih menjadi favorit konsumen hingga saat ini 80% penjualan Suzuki R3 didominasi transmisi automatik sementara sisanya manual.”

Untuk penjualan APV Minibus Enduro, Davy tidak menargetkan banyak. Menurutnya, pasar APV Minibus Enduro sudah mulai menggeser ke arah flip, sehingga penjualan di retail tidak terlalu tinggi. Pada pelaksanaan GIIAS penjualan APV mencapai 118 unit.

Hasil penjualan GIIAS 2016 akan digunakan sebagai bahan review untuk peluncurkan mobil-mobil Suzuki kedepannya. Beberapa produk Suzuki yang rencananya akan diluncurkan di Indonesia adalah Suzuki Vitara, Baleno, dan Jimny generasi terbaru. Namun kapan tepatnya Davy enggan menjelaskan, meski begitu khusus untuk mobil off-road sudah mulai dilakukan inden. Saat ini inden sudah mencapai 25 orang untuk komunitas tertentu salah satunya adalah anggota Komunitas Suzuki Jip Indonesia.

Ia juga tidak takut peluncuran Suzuk Baleno akan menurunkan mobil kelas sejenis yaitu Suzuki Swift. Ia percaya bahwa market semakin niche sehingga masing-masing mobil akan memiliki konsumen sendiri. Ada berbagai strategi yang dilakukan untuk mencegah terjadinya kanibalisme diantara dua mobil tersebut.

Misalnya adalah pengaturan harga Suzuki Baleno, sehingga saat muncul tidak membuat konsumen melupakan Suzuki Swift.  Ia menolak untuk memaparkan strategia lebih lanjut,”Ini masih menjadi strategi pemasaran kami secara internal,” jelas Davy. Meski begitu, ia berencana untuk memanfaatkan momentum mengingat tingginya animo masyarakat terhadap mobil-mobil tersebut.

Untuk saat ini, ia masih berfokus pada penjualan New SX4 S-Cross, secara nasional total penjualan mobil crossover ini sudah mampu mencapai 407 unit. Saat ini New SX4 S-Cross baru dilaunching di dua kota yaitu Jakarta dan Yogyakarta. Kedepannya akan ada 13 kota lain seperti Makassar, Banjarmasin, Medan, Surabaya, dan lain-lain untuk melaunching produk baru ini.

Selain itu, untuk menarik lebih banyak minat konsumen Suzuki banyak melakukan strategi penjualan. Misalnya DP yang kompetitif, cicilan sampai 7 tahun, bunga terjangkau, dan lain-lain. Ia optimis bahwa setelah launching di 1 kota tersebut penjualan  Suzuki New SX4 S-Cross akan semakin meningkat. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)