Suzuki Perkenalkan Generasi Terbaru SUV

Permintaan mobil jenis SUV dan crossover secara global mengalami peningkatan. Menurut Kinjo Saito, Managing Officer Executive General Manager Global Automobile Operations Suzuki, sejak tahun1988, Suzuki sudah meluncurkan Vitara sebagai compact SUV.

Pada tahun 2006 Suzuki kembali meluncurkan SX4 sebagai mobil compact dan SUV, kelas terbaru. Namun,produki mobil SX4 dihentikan pada tahun 2013 karena penjualan yang tidak terlalu bagus. Selanjutnya, Suzuki mengeluarkan produk terbaru, yaitu New SX4 S-Cross.

Mobil ini ditargetkan untuk pangsa pasar medium SUV, dan merupakan reborn dari generasi sebelumnya. Selain itu, generasi terbaru SX4 ini memiliki kelebihan dapat memberikan kenyamanan lebih bagi penumpang, bila dibandingkan generasi sebelumnya. Peluncuran ini sendiri telah sesuai dengan rencana Suzuki baik secara global maupun nasonal.

suzuki

Rencananya mobil ini akan dibanderol dengan harga Rp 259.900 juta untuk automatic dan Rp 259.700 juta untuk manual. Menurut Shuji Oisha, Presiden DirekturP T Suzuki Indomobil Motor dan Sales, dengan mobil generasi terbaru tersebut, Suzuki cukup optimistis untuk mampu meraih 10% pangsa pasar di medium SUV.

Untuk penjualan selama GIIAS 2016, ditargetkan terjual 700 unit kendaraan. Sebagai gambaran, tahun 2015, penjualan Suzuki mampu mencapai 550 unit.

Suzuki mengandalkan Suzuki R3 untuk menjadi kendaraan yang laris manis dibeli saaat acara GIIAS 2016. ada dua segmen utama yang diincar Suzuki yitu komersial low pick up seperti Suzuki Cary, Futura, dan Mega Cary. Kedua adalah target pasar MPV yang didominasi oleh Suzuki R3.

Di tahun 2019 Suzuki menargetkan penjualan global 3.4 juta unit, dan Indonesia diharapkan akan menyumbang 200.000 unit penjualan. Saat ini Suzuki sudah menempati posisi 10 untuk penjuaans ecara global dan diharapkan bisa naikke posisi 8 atau 9 di tahun 2019.

Salah satu upaya yang akan dilakukan suzuki adalah memperkenalkan berbagai produk baru di Indonesia. Untuk mendukung target itu, pada 2016 Suzuki akan membuka 12 outlet baru, sebanyak 8 outlet sudah dalam tahap pembangunan.

Pun, Suzuki juga baru saja medirikan satu pabrik baru di Cikarang dengan investasi mencapai US$1 miliar untuk memenuhi kebutuhan otomotif domestik dan ekspor ke 61 negara. Kapasitas produksi mencapai 5000 unit, apabila kapasitas pabrik digunakan 100% maka akan mampu memproduksi 2 kali lipatnya. Pabrik ini diharapkan bisa menjadi backbone ketiga Suzuki setelah India dan China.

Sampai sat ini, di Indonesia Suzuki memiliki 2 pabrik, yaitu di Tambun, Bekasi untuk produksi mobil komersial dan Cikarang, yang memproduksi passenger car. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)