Tahun 2012,Toyota Jual Mobil Terbanyak di Dunia

General Motors (GM) pernah memegang gelar penjual mobil terbanyak di dunia selama lebih dari 70 tahun, sebelum akhirnya gelar tersebut direbut Toyota di 2008. Pabrikan mobil Amerika, GM, kembali mengambil titelnya di 2011. Di tahun 2012, mobil-mobil Toyota yang merupakan pabrikan Jepang, kembali mengambil alih.

Secara global, angka penjualan mobil dan truk Toyota di 2012 sebanyak 9,7 juta unit, sedangkan GM penjualannya sebanyak 9,2 juta mobil.

Kenaikan penjualan juga dirasakan pabrikan mobil mewah sepertiĀ  Bentley. Bentley dikenal sebagai salah satu kendaraan resmi ratu Inggris. Meski kondisi ekonomi global sedang tidak bagus, tipe Mulsanne limousine keluaran Bentley yang harganya mencapai US$ 300 ribu (Rp 2,9 miliar) ini, masih tetap laris. Penjualan global mobil jenis ini mencapai 8.510 unit tahun lalu naik 22% dari tahun sebelumnya.

Pabrikan mobil mewah lainnya, Jaguar, juga menikmati kenaikan angka penjualan. Pabrikan Jaguar Land Rover mengatakan akan merekrut 800 pekerja tambahan di pabrik mereka di Inggris setelah angka penjualan yang bagus di Cina, yang kini jadi pasar utamanya.

Sebanyak 72 ribu unit mobilnya terjual di Cina 2012, sementara 68 ribu unit lain laku di Inggris. Pabrikan ini kini dimiliki konglomerasi India, Tata Motors.

Sementara itu, Chrysler juga mendorong penjualannya di Cina dengan membangun pabrik rakitan jenis Jeep. Sebagian besar angka penjualan Jeep berasal dari Amerika, dengan angka total 701 ribu unit selama 2012, naik 19% dari tahun sebelumnya. Angka tersebut adalah rekor tertinggi Jeep sepanjang sejarah penjualannya. (BBC/Lila Intana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)