Marketing Strategy

Tahun 2016 KidZania Targetkan 600.000 Pengunjung

IMG_20160219_111112_HDR-640x480

Menurut Faizal Reza, Chief Marketing Officer KidZania, kerja sama ini dilakukan untuk memberikan mutual beneficial baik untuk Mister Donut maupun KidZania sendiri. Mister Donut sendiri, baru masuk ke Indonesia pertengahan tahun lalu. Oleh karena itu, pembukaaan wahana di KidZAnia, tentunya diharapkan mampu mendorong penjualan donat asal Jepang tersebut.

Ia mengharapkan agar pengunjung tidak bosan untuk berkunjung sehingga terhadi repetition order. Mendekati Mister Donut, diakui Faizal gampang-gampang susah. Sebelumnya donat ini ada di Korea, Malaysia, Jepang, Thailand, Filipina, dan Taiwan.

“Waktu kami berbicara dengan pihak PT Indomarco Prismatama (selaku manajemen yang membawah Mister Donut), mereka sudah memberikan lampu hijau. Namun mereka masih mau mengembangkan bisnis mereka di indonesia dengan membuka gerai, oleh karena itu kami tunggu mereka establish dulu, baru buka di sini,” jelasnya.

Proses penantian pun dilakukan selama 4 bulan, untuk mempersiapkan establishment. Setelah itu donat asal Jepang tersebut membuka gerainya di MOI dan FX Jakarta, barulah wahana profesi dengan kapasitas 6 orang anak ini dibuka.

Wahana profesi dengan luas 30.5 meter persegi ini, nantinya akan memberikan pengalaman kepada anak-anak usia 6-16 tahun sebagai pembuat donat profesional. Selama 20 menit, mereka bisa mencoba untuk membuat donat dengan bahan-bahan dan toping yang bervariasi.

Anak-anak ini nantinya akan memperoleh 5 Kidzos sebagai upah mereka atas kinerja sebagai pembuat donat profesional. Mereka pun bisa membeli donat Mister Donut yang tersedia di depan establishment dan main square Kidzania dengan 22 varian produk.

Harapannya, kehadiran establishment ini, mampu menarik lebih banyak pengunjung ke wahana bermain profesi ini. Jumlah pengunjung wahan sendiri dipengaruhi oleh kalender akademik anak-anak sekolah. Dalam sebulan mereka mampu menarik sekitar 30.000 hingga 35.000 pengunjung setiap bulannya.

Pada saat musim liburan pengunjung pun meningkat hingga 45.000 orang. Faizal sendiri menargetkan 600.000 pengunjung setiap tahunnya. Oleh karena itu, ia pun ingin membuat lebih banyak establishment di wahana profesi ini.

Pada kuartal pertama tahun ini, KidZania telah sukses menghadirkan toko online shop Blibli.com dan Mister Donut. Kedepannya ia akan membangun 3 wahana profesi lainnya, dari otomotif, insurance, dan obat untuk anak. Namun untuk kapan dan siapa yang akan diajak bekerjasama dia menolak untuk memberitahu.”Pokoknya semua akan dibuka pada tahun ini,” ujarnya sambil tersenyum. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved