Marketing Strategy

Tahun ini Pasar Motor Masih Ciamik

Tahun ini Pasar Motor Masih Ciamik

Management PT AHM dan Nidji sebagai brand amabasador berfoto dalam peluncuruan New Honda Revo FI

Management PT AHM dan Nidji sebagai brand amabasador berfoto dalam peluncuruan New Honda Revo FI

PT Astra Honda Motor (AHM) tetap bisa mempertahankan posisi market leader sepanjang 2013. Tahun lalu bisnis sepeda motor dipandang lebih agresif jika dibandingkan dengan tahun 2012. Walaupun keadaan ekonomi dalam negeri yang tak terlampau bagus.

Seperti yang sudah diketahui 2012 kemarin pelemahan rupiah terhadap dolar amerika berdampak juga pada beberapa sektor industri, termasuk motor. Ditambah lagi dengan kenaikan suku bunga BI yang juga memengaruhi kinerja bisnis melandai.

“Kalau dilihat memang 2013 lebih agresif, pertumbuhannya juga cukup baik ada di angka 15% jika dibandingkan dengan tahun 2012,” ujar Toshiyuki Inuma, Presiden Direktur AHM.

Asosiasi Industri Sepedamotor Sekuruh Indonesia (AISI) juga mencatat dari Januari hingga Desember 2013 penjualan motor bebek ada di angka 23% dari total pasar motor di Indonesia. Sedangkan penjualan segmen sepeda motor bebek untuk entry level secara nasional tercatat 833.191 unit.

Pihak AHM mengaku optimis dengan tahun 2014 walaupun dalam jangka pendek ada kekhawtiran megenai pelemahan rupiah. Kemungkinan pelemahan rupiah yang terjadi ini nantinya akan memengaruhi harga bahan baku.

“Tahun ini untuk bisnis kami, cukup menantang ya karena kalau dolar naik harga komoditi belum ada tanda kenaikan yang tinggi,” tambah Johannes Loman, Executive Vice President Director AHM.

Lebih lanjut Johannes juga menjelaskan kalau kemungkinan untuk melakukan ekspor yang lebih besar ke pasar Cina masih terbuka. Walaupun di dalam negeri penjualan tahun lalu mengalami penurunan, tapi sepeda motor tetap diminati masyrakat.

Total pasar sepeda motor tahun lalu naik sebesar 10% jika dibandingkan tahun 2012. Hal ini pula yang rupanya membuat AHM tetap optimis selain itu daya beli masyarakat juga dianggap cukup baik. Pesta demokrasi yang akan dilakukan tahun ini juga dipandang akan memberikan keuntungan lebih dan angin segar bagi perekonomian nasioanal.

Kompetisi yang semakin ketat juga membuat AHM memasang starategi untuk mengeluarkan prdak-prodak barunya tahun ini. Seperti yang baru di launching pada Kamis, (9/1) New Honda Revo FI diharapkan bisa terjual 32 ribu terjual tiap bulan.

Populasi yang masih besar membuat AHM tetap memadang postif pasar sepeda motor tahun ini. Tak hanya sepeda motor bebek saja yang masih berpeluang besar, pasar motor skutik dan sport juga tetap akan diminati. Tahun ini AHM sendir menargetkan pertumbuhan masrket share sebesar 62%. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved