Tata Nano, Mobil Termurah di Dunia Siap Ramaikan Segmen LCGC Indonesia

Kehadiran Tata Motors di Indonesia ternyata bukan ditandai dengan produk andalan mereka yaitu Tata Nano, melainkan memperkenalkan Tata Aria, Tata Vista dan Tata Safari Storm. Lalu kapan Tata Nano yang produk pertama mobil murah dunia ini diboyong ke negeri ini?

Tata_NanoPT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), selaku agen pemegang merek (APM) Tata Motors  memperkirakan akan membawa Tata Nano ke Tanah Air pada 2014.

Direktur Distribusi dan Pemasaran TMDI, Pankaj Jain, mengatakan, tak menutup kemungkinan Tata Nano akan menjadi salah satu produk yang mengisi barisan mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC). Namun Tata Motors masih mempelajari regulasi dan pasarnya.

“Yang jelas saat ini kami masih akan mempelajari kondisi di Indonesia sebelum akhirnya resmi merilis Tata Nano. Spesifikas dan mobil tersebut di Indonesia akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat,” kata Pankaj Jain.

Pankaj menjelaskan, perubahan yang paling terasa kemungkinan besar terjadi pada penggunaan teknologi power steering.

Tata Nano memasuki pasar otomotif pada 2009 silam. Mobil ini dianggap sebagai mobil termurah pertama di dunia. Di negara asalnya sendiri, India, penjualan Tata Nano saat ini cenderungan menurun.

Melemahnya nilai Rupee juga berdampak pada kenaikan biaya produksi sehingga Tata hanya bisa berharap pada penjualan di luar negeri pada merek-merek premium miliknya yaitu Jaguar dan Land Rover.

Dalam upaya untuk mendongkrak daya jualnya, Tata Motors baru-baru ini mengumumkan rencana untuk merilis sebuah varian diesel yang akan bergabung bersama mesin bensin dua silinder 624 cc pada Maret 2014 nanti. Mobil-mobil bermesin diesel cukup populer di India karena adanya subsidi dari pemerintah.

Tata Nano sendiri saat ini dibanderol mulai US$ 2.200 atau sekitar Rp 24 juta. Mobil murah ini sudah dinanti pasar Indonesia terutama sejak kehadiran TDMI pada 2012 lalu. Banyak pihak memprediksi Tata Nano merupakan produk perdana Tata Motors yang dilaunching di negeri ini, namun prediksi tersebut meleset. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)