Marketing zkumparan

Telkom Craft 2018 Diperkirakan Cetak Transaksi Rp 20 Miliar

Direktu Utama PT Telkom Indonesia, Alex Sinaga, memperkirakan, ajang pameran produk kerajinan UMKM, Telkom Craft 2018 akan mencetak nilai transaksi hingga Rp 20 miliar dalam empat hari penyelenggaraan. Pernyataan tersebut disampaikan Alex dalam pembukaan Telkom Craft 2018 di Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta (22/3/2018).

Telkom Craft 2018 ini adalah perhelatan kedua. Pada penyelenggaraan yang pertama tahun 2017, pameran ini mampu mencetak nilai transaksi Rp 10 miliar. Pameran tersebut dibuat sebagai event offline bagi UMKM yang selama ini berjualan online lewat situs belanja milik Telkom Indonesia yakni blanja.com. Di tahun kedua ini, Alex juga memperkirakan ada 25 ribu orang akan mengunjungi pameran tersebut.

Tahun ini, ada 400 UMKM yang berpartisipasi. Mereka terdiri dari 200 UMKM binaan Telkom, 150 UMKM binaan BUMN lain dan sisanya UMKM yang jalan mandiri. Produknya beragam dan kreatif mulai dari pakaian, aksesoris, kerajinan,makanan dan minuman.

Setiap booth yang ditempati UMKM dalam pameran ini dilengkapi dengan satu unit komputer yang terhubung internet. Tujuannya agar pembeli yang kehabisan produk yang ingin dibeli bisa memesannya lewat online, sehingga tidak harus menunggu sampai pameran berikutnya tahun depan.

Dalam Telkom Craft 2018 ini juga ditampikan rumah kreatif BUMN. Ini adalah wadah yang disiapkan Kementerian BUMN untuk membina UMKM agar siap go modern, go online dan go global. Menteri BUMN, Rini Soemarno, yang juga turut hadir dalam acara tersebut mengatakan, Rumah Kreatif BUMN saat ini sudah ada di 180 kota dan kabupaten. “Tujuannya agar para pelaku UMKM bisa berdaya saing dan mampu tembus pasar global,” jelasnya.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved