Telkom PINS Garap Lampu Pintar Bareng Solarens

Kebutuhan lampu pintar (smart lighting) terus naik. Selain lebih hemat energi, penggunaannya pun mudah. PT Telekomunikasi Indonesia lewat anak usahanya, PT PINS Indonesia (PINS) mengembangkan produk inovatif yakni lampu pintar bekerjasama dengan PT Solarens Ledindo dalam hal penyediaan solusi smart lighting berbasis lampu LED, instalasi, penyediaan support untuk warranty smart lighting, serta pengembangan perangkat yang mendukung.

"Lampu Pintar merupakan teknologi lampu yang didesain untuk bisa diremote jarak jauh, sehingga nyala lampu dapat terjadwal dengan baik. Sehingga, lebih efisiensi. Lampu Pintar merupakan bagian dari IoT yang merupakan fokus bisnis PINS," kata Presiden Direktur PINS Indonesia, Prasabri Pesti dalam rilisnya.

Dari data Research and Markets, nilai pasar Smart Lighting secara global diperkirakan mencapai US$78 miliar pada tahun 2022 dengan CAGR 11.7%. Nah, potensi market IoT di Indonesia berdasarkan data Machina and Cisco SPTG analysis, smart city sampai tahun 2020 berada di peringkat ketiga dimana Smart Lighting adalah bagian dari smart city.

“Produk Lampu Pintar ini akan melengkapi lini produk Telkom Solution, baik untuk target pasar korporasi dan bisnis, serta pemerintahan (smart city). Solarens merupakan penyedia smart lighting karya anak bangsa dengan tingkat TKDN yang tinggi," kata dia.

CEO PT Solarens Ledindo Irvin E Busser mengatakan, Solarens merupakan produsen smart lighting berbasis lampu LED pertama di Indonesia. Penggunaan lampu biasa yang masih marak di Indonesia tidak efisien dan menyebabkan tingginya tagihan listrik setiap bulannya. Solusi ini terhubung dengan perangkat yang dapat dibawa-bawa seperti smartphone atau laptop.

Dengan adanya perangkat Node Controller, lampu bisa dioperasikan dari jarak jauh. Pengguna bisa mengoperasikan lampu secara terjadwal dan juga mendapat notifikasi jika terdapat gangguan pada lampu. Penghematan listrik akan lebih besar dengan penggunaan solar panel. Solusi smart lighting ini sudah diuji coba pada jembatan layang (flyover) Antapani Bandung yang baru saja diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kala, 24 Januari 2017.

“Kami punya kesempatan bekerja sama dengan PINS yang merupakan subsidiary dari Telkom, dan Solarens sendiri siap untuk mendukung Telkom PINS dalam penyediaan solusi smart lighting” kata dia.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)