Tergoda Pasar Mamin, Suntory Garuda Luncurkan My Tea

Erwin Panigoro, Group Product Manager Suntory Garuda

Entah kapan pasar makanan minuman di Indonesia akan jenuh. Lihatlah polah PT Suntory Garuda Beverage. Tahun lalu, Suntory Garuda mengeluarkan produk teh ocha siap minum, yakni Mirai Ocha. Akhir Mei 2013, perusahaan gabungan Jepang-Indonesia ini ingin kembali menggebrak pasar dengan produk baru bernama My Tea. Dengan memproduksi My Tea, yakni teh oolong siap minum, Suntory Garuda memperkaya jenis produknya sekaligus berpeluang merebut pangsa pasar.

“Proses produksi My Tea dilakukan 100% di Indonesia. Dengan harga Rp5.500 per botol, produk ini menyasar segmen medium,” kata Keisuke Ikanagi, Marketing Director Suntory Garuda, pada sejumlah wartawan (28/5). Ia melanjutkan, My Tea akan dijual di pasar modern dulu. Sementara itu, kemungkinan melempar My Tea ke pasar tradisional masih dipertimbangkan.

“Dulunya teh oolong hanya dikenal oleh orang-orang  tua. Namun, kini sudah ada perkembangan karena 50% konsumen teh siap minum adalah perempuan dan laki-laki berusia 20-30 tahun,” papar Erwin Panigoro, Group Product Manager Suntory Garuda, sambil menyebut luasnya peluang pasar di Indonesia.

Ratna Somantri, pengamat teh

Suntory Garuda masih jeli memanfaatkan kebiasaan hidup warga kota yang cenderung tak sehat sebagai dasar untuk meletakkan posisi dan nilai tambah My Tea. Di antaranya, Erwin menyebut kebiasaan ngemil, kurang olahraga, besarnya kadar lemak dalam tubuh, dan tingginya tingkat polusi. Vino G. Bastian, selebritas yang didapuk menjadi duta merek My Tea, pun mengeklaim bahwa produk tersebut mampu menyerap lemak dari dalam tubuh.

Ratna Somantri, pemerhati teh dan penggerak komunitas penggemar teh, menilai positif gebrakan Suntory memasarkan teh oolong berkemasan. “Sangat bagus perusahaan besar masuk dalam pemasaran oolong. Bisa dilakukan edukasibagi orang Indonesia yang belum mengenal oolong,” kata Ratna cerah. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)