Maraknya pertumbuhan dan pembangunan hotel di Indonesia membuat PT LG Electronics Indonesia (LGEIN) kian serius menggarap segmen B to B. Salah satu terobosan yang dilakukan adalah memasarkan TV khusus untuk membidik segmen hotel. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran LG ProCentric®V. “Pengembangan TV terbaru LG ini lebih ditujukan bagi kepentingan pelaku usaha hotel, berbeda dengan TV seri sebelumnya yang menyasar end user,” kata Yeunkeun Park, IT Sales and Marketing Manager LG Electronics Indonesia.
Keunggulan TV ini, lebih menekankan pada kemudahan pengaturan dan penghematan biaya. Salah satu keunggulan dalam TV LG ProCentric®V, dipersiapkan khusus menjadi solusi unit TV bagi seluruh pelaku bisnis hotel dalam meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasanya. Salah satu fitur uniknya memungkinkan pelaku usaha perhotelan untuk melakukan kustomisasi kerja TV ini. Dengan adanya fitur Hotel Mode, dapat digunakan untuk melakukan berbagai pengaturan dengan dilindungi password khusus untuk membatasi pihak lain dalam menggantinya.
Selain itu, TV ini bisa digunakan untuk menyampaikan berbagai informasi terkait layanan hotel dan pesan lain bagi penginap pun terjawab dengan adanya fitur Welcome Screen, fitur ini mengubah tampilan awal TV setiap kali diaktifkan seolah menjadi saluran khusus yang merangkum ragam informasi yang ingin disampaikan pada penginap. Bahkan berbagai informasi (promosi, fasilitas dan layanan, susunan channel TV dan fungsi alarm) yang biasa disampaikan melalui berbagai selebaran dalam kamar dapat dipindahkan langsung dinikmati di layar TV.
“Kehadiran TV LG ProCentric®V, dapat menghemat biaya yang selama ini digunakan untuk berulangkali mencetak berbagai brosur informasi hotel,” kata Agustian Yusetia, National B2B Sales Manager Business Solution LGEIN.
Agustian menambahkan untuk penyeragaman pengaturan dan update informasi TV, LG menyediakan dua pilihan yaitu melalui kendali server (untuk kebutuhan kamar dalam jumlah besar) terpusat atau melalui koneksi USB flashdisk (untuk kebutuhan kamar dalam jumlah kecil). Untuk TV LG ProCentric®V LG menyiapkan berbagai ukuran mulai dari 32 inch, 42 inch, 47 inch dan 55 inch dengan harga sekitar Rp 3,5 juta- 10 juta/unit, sedangkan untuk server harganya sekitar US$ 5.000.
Beberapa hotel yang telah melakukan order TV LG ProCentric®V antara lain Hotel Rimba Jimbaran, Bali (300 unit) dan Hotel Santikan Gubeng, Jawa Timur (260 unit). Agustian menargetkan untuk seri terbaru ini bisa menjual sekitar 1.000 unit/bulan dari 5-10 hotel. “Bila dari segmen B to B telah memberikan kontribusi sekitar 10% terhadap penjualan TV sebelumnya, dengan adanya seri terbaru ini ditargetkan bisa bisa menambah 5% kontribusinya,” katanya optimis.
Untuk menjual TV ini tentunya berbeda dengan TV yang digunakan untuk end user yang mudah dijumpai di modern ritel ataupun traditional market. Karena TV LG ProCentric®V hanya ada dijual oleh mitra LG khususnya para supplier yang biasa memasarkan dan masok ke hotel-hotel dalam jumlah besar. “Kami menggandeng beberapa kontraktor untuk memasarkan TV ini B to B khususnya hotel-hotel di seluruh Indonesia,” kata Agustian. (EVA)