Thamrin City Trade Mall Gandeng BRI Dorong Penjualan

Ingat Batik, Ingat Thamrin City. Begitu tagline dari trade mall yang berada dengan Pusat Grosir Tanah Abang itu. Trade mall yang sejak awal mengukuhkan diri mendukung produk-produk lokal tersebut, sejak awal didirikan memang dikenal pusatnya produk batik.

Di tengah kondisi perekonomian negeri ini yang sedang menurun, Thamrin City menyadari dukungan promosi harus diberikan guna mendorong penjualan pedagang yang sudah menyewa ruang usaha di sana. Menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI), Thamrin City meluncurkan program promosi dengan tema “Batik Fantastik Elegan” bertepatan dengan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober lalu.

thamrin.jpg

Kegiatan promosi itu meliputi program diskon belanja batik sampai 70 persen yang bisa dinikmati konsumen di Thamrin City hingga 18 Oktober 2015. Lalu ada pelepasan 1000 balon gas pada 2 Oktober, sebagai tanda memperingati batik Indonesia yang diakui sebagai kekayaan budaya dunia. Dalam balon gas tersebut beisi berbagai macam kode hadiah mulai dari potongan belanja batik hingga uang tunai Rp 1 juta, bagi mereka yang beruntung menemukannya.

BRI sebagai partner promosi ini, memberikan hadiah khusus bagi pengunjung Thamrin City yang melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan EDC BRI mulai dari bulan Oktober ini hingga Januari tahun depan. Belanja minimal Rp 500 ribu di EDC toko-toko di Thamrin City, pengunjung bisa menukarkan struk belanjanya dengan voucher senilai Rp 50 ribu dan berlaku kelipatannya. Penukaran struk belanja dilakukan di booth BRI atau kantor cabang BRI di Thamrin City.

Cahyo Haryo P., Asisten VP BRI yang hadir dalam acara tersebut BRI sejak awal didirikan dikenal sebagai bank yang konsisten mendukung UKM (Usaha Kecil Menengah). “Thamrin City sebagai pusat para UKM menjual produk-produknya tentu sangat kami dukung agar kelangsungan usaha mereka tetap terjaga,” ujar Cahyo. Maka itu BRI membuka kantor cabang di sana serta meningkatkan penggunaan EDC guna memudahkan transaksi antara pedagang dan pembeli.

Nah dalam rangka mendukung Hari Batik Nasional, BRI menurut Cahyo memberikan banyak keuntungan bagi pengunjung maupun pedagang di Thamrin City. Bagi pemilik usaha pilihan di Thamrin City, disebutnya, BRI akan memberikan hadiah langsung terutama bagi mereka yang aktif dan loyal dalam menggunakan EDC BRI untuk setiap transaksi jual beli di usahanya. Setiap bulan BRI memberikan 9 hadiah yang terdiri dari satu sepeda motor, satu TV LED, satu logam mulia dan enam voucher belanja. Kriteria pemilik usaha pilihan diberikan berdasarkan transaksi tertinggi di EDC BRI, serta memiliki mesin tersebut sejak Oktober 2015 sampai Februari 2016.

Glenn Hendra Gunadirdja, CEO Thamrin City (trade mall), mengatakan dukungan Thamrin City pada batik nasional sejak awal berdiri sudah dilakukan. Ia teringat pihaknya datang sendiri ke pengrajin-pengrajin batik, menjemput mereka untuk mau membuka toko di sana. “Mereka umumnya pengrajin tidak terbiasa menjadi pedagang, maka itu kami jemput. Saat ini sebagian dari mereka sudah memiliki beberapa toko di sini,” tuturnya. Ia bersyukur dalam kondisi perekonomian penurun seperti sekarang ini, dukungan BRI tetap diberikan.

Ia berharap Thamrin City bisa terus mendukung para UKM didalamnya, terutama para pedagang batik, sehingga batik bisa menjadi tuan di negeri sendiri.” Ini sesuai dengan tagline kami, Ingat Batik, Ingat Thamrin City,” ujarnya sambil tersenyum. Saat ini ada 5000 pedagang yang menyewa toko di Thamrin City, Glenn menargetkan dalam dua tahun tercapai 7500 pedagang bisa bergabung berjualan di trade mall tersebut. Untuk itu ia terus mengupayakan berbagai promosi, kerjasama dengan Departemen Pariwisata, dan branding Thamrin City sebagai pusatnya batik. Saat ini sekitar 1,3 juta pengunjung datang ke Thamrin City per bulan atau 40-45 ribu pengunjung per hari.

Kegiatan promosi Batik Fantastik Elegan salah satunya. Didukung oleh Bens Radio suasana Thamrin City jadi sangat meriah. Didalam kegiatan tersebut ada anjungan pameran batik tulis, belajar membatik gratis bagi pengunjung dan wisatawan, sale promo cuci gudang baju batik dan kegiatan talkshow di Bens Radio untuk kampanye cinta batik. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)