Marketing Strategy

The Body Shop Dukung Sokola Rimba

Oleh Admin
The Body Shop Dukung Sokola Rimba

Memperjuangkan nilai-nilai mulia membela hak asasi manusia dan melindungi lingkungan, bisa dilakukan dengan cara yang kreatif dan menarik bagi masyarakat. Begitulah yang dilakukan The Body Shop dengan mendukung film Sokola Rimba yang diproduksi Miles Films. Film yang diangkat dari buku antropolog Marlina Manurung dengan judul yang sama tersebut bercerita mengenai perjuangan sang antropolog di pedalaman hutan dalam mengajar suku Anak Rimba Hutan Bukit Dua Belas, Jambi.

Perjuangan Marlina Manurung yang juga dikenal dengan panggilan Butet Manurung, merupakan perjuangan membela hak-hak pendidikan masyarakat suku Anak Rimba Hutan Bukit Dua Belas dan kelestarian hutan mereka. Pendidikan berperan penting sebagai sarana mencerdaskan suku tersebut yang selama ini terpinggirkan karena tidak berpendidikan, dan hidup di tengah kondisi hutan mereka dirusak dan ditebangi.

Kisah Butet merupakan pelajaran bagaimana proses pendidikan harus dilakukan dengan pikiran terbuka dan berusaha beradaptasi terhadap masyarakat setempat. Butet berusaha mendidik Anak Rimba Hutan Bukit Dua Belas dengan berusaha memahami kultur mereka dan terus gigih berupaya mendidik mereka. Kegigihan Butet kemudian meyakinkan masyarakat setempat bahwa pendidikan itu bisa diterima dan baik untuk mereka. Perjuangan tersebut kemudian membuahkan penghargaan “Heroes of Asia Awards 2004” dari Majalah Time kepada Butet.

Head of Corporate Communication The Body Shop Indonesia, Rika Anggraini, mengatakan, The Body Shop mendukung film Sokola Rimba yang memuat nilai-nilai “Defend Human Rights” dan “Protect The Planet” yang merupakan nilai-nilai dasar perusahaan. Sokola Rimba bukan hanya ekspresi karya seni yang berfungsi sebagai hiburan semata. Film yang sarat makna tersebut merupakan edukasi masyarakat yang kreatif dalam menunjukkan pentingnya hak-hak pendidikan bagi masyarakat adat, pentingnya melindungi hutan dari penebangan yang merusak, dan pentingnya hak-hak masyarakat adat dalam mengelola hutan mereka.

“Buat kami, The Body Shop, mendukung Sokola Rimba merupakan perjuangan menegakkan nilai-nilai yang selama ini kami yakini. Kami, terutama saya pribadi, turut bangga bisa jadi bagian dari edukasi masyarakat agar kita semua mendukung pemenuhan hak asasi manusia masyarakat adat dan pelestarian lingkungan,” ujar Rika, Selasa (12/11/2013).

Mira Lesmana yang merupakan produser dari film Sokola Rimba, melihat perjuangan Butet sebagai kisah perjuangan sejati. “Berbeda dengan pengajar di sekolah-sekolah umum, upaya Butet mengajar Anak Rimba Hutan Bukit Dua Belas mendapatkan hambatan kultural dari keyakinan masyarakat tersebut. Bagi mereka, pendidikan adalah sesuatu yang tabu sifatnya. Mereka meyakini hal itu mengganggu adat dan akan mendatangkan malapetaka,” ujar Mira.

“Mudah-mudahan film yang didukung oleh The Body Shop ini, bisa menginspirasi banyak orang agar tergerak, lebih peduli, dan menolong saudara-saudara mereka yang tinggal di sekitar hutan baik melalui jalur pendidikan maupun hak-hak asasi mereka yang lain. Saya sangat mengapresiasi The Body Shop dan Miles Films yang mau ikut memperjuangkan hak asasi masyarakat adat dan pelestarian hutan tempat mereka tinggal,” ungkap Butet.

the body shop

The Body Shop tidak hanya mendukung film Sokola Rimba yang diproduksi Miles Films, namun juga akan mendukung program pendidikan Sokola Rimba, yaitu program pendidikan untuk mencerdaskan anak-anak suku Anak Dalam. Setiap penjualan Paket Natal dan Lip Butter, The Body Shop akan mendonasikan Rp 5.000 untuk program pendidikan tersebut. The Body Shop juga akan mendonasikan hasil penjualan 1.000 buku autobiografi pendiri The Body Shop, Anita Roddick, untuk program pendidikan Sokola Rimba dan mengajak pelanggan berdonasi langsung di kasir. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved