Tiga Gaya Baru Kembangkan Eksistensi Merek

Membangun merek mesti ada seninya. Gampang-gampang susah. Tapi, kalau disederhanakan, ada setidaknya 3 cara yang patut dijajal menurut Suherman Widjaja, pengajar marketing Prasetiya Mulya Business School: berani mencoba gaya promosi berbeda, melibatkan komunitas konsumen, serta menyebarkan word of mouth.

Penasaran bagaimana caranya? Simak kiat yang dibocorkan Herman berikut ini.

Suherman Widjaja, pengajar marketing Prasetiya Mulya Business School

Buat merek yang selama ini lebih banyak berpromosi secara below the line, tak salah mulai mencoba above the line. “Memang relatif mahal. Tapi, karena berbeda, patut dicoba,” saran Herman. Pasalnya, manfaat besar menggunakan pendekatan above the line adalah bisa menjangkau konsumen akhir secara langsung.

Channel di tengah, yakni distributor atau reseller, bisa berpihak pada salah satu merek. Kalau pemilik merek menggunakan below the line melulu, ada risiko keberpihakan channel tengah berpindah ke merek pesaing.

Melibatkan komunitas yang ada di pasar, termasuk berinteraksi langsung dengan konsumen akhir. Karena semua jadi seragam. Semua adalah anggota dari komunitas pemakainya.

“Ini relatif baru digunakan. Masih belum marak,” komentar Herman. Bisa jadi, ini salah satu terobosan untuk membangun merek.

Pendekatan yang dikenal juga dengan nama konsumunitas ini mempunyai kelebihan karena melebur massa. Saat semua melebur, mulai dari reseller, agen, pemilik cabang, pengecer, sampai konsumen akhir, semua merasa satu kesatuan. Akibatnya, pemasaran jadi lebih efektif.

Dibanding memberi garansi atau jaminan dari pabrik, Herman meyakini bahwa pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth) lebih manjur untuk mendapatkan testimoni yang sah dari konsumen. Cerita atau perkataan dari keluarga, teman, tetangga, tetap lebih valid di benak konsumen.

“Itulah hebatnya word of mouth. Persepsi bermain di sini,” tandasnya pada SWAOnline menjelang akhir pekan ini di Jakarta. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)