Marketing Strategy

Tiga Tahun Beroperasi, Premi CIMB Sun Life Tembus Rp 1 Triliun

Tiga Tahun Beroperasi, Premi CIMB Sun Life Tembus Rp 1 Triliun

Hanya dalam waktu 3,5 tahun sejak beroperasi, PT CIMB Sun Life (CIMB Sun Life) berhasil membukukan total pendapatan premi sebesar Rp 1,08 triliun (per 31 Desember 2012).

Total premi sepanjang 2012 tersebut naik 15% dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya yang sebesar Rp 943 miliar. Sementara pendapatan premi bisnis baru perusahaan asuransi jiwa patungan antara CIMB Group, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dan Sun Life Financial Inc., sebesar Rp 1,037 triliun (belum diaudit), meningkat 14% dibandingkan dengan Rp 908 miliar yang diperoleh di periode yang sama tahun lalu.

“Kami yakin bahwa dengan berfokus kepada usaha berkelanjutan untuk menyediakan produk dan layanan terbaik bagi nasabah, CIMB Sun Life mampu berkembang pesat dan bersanding dengan perusahaan-perusahaan asuransi jiwa terdepan di negara ini,” ujar Vivien Kusumowardhani, Presiden Direktur CIMB Sun Life.

CIMB Sun Life memiliki posisi yang unik karena menggabungkan kekuatan dua perusahaan induk, yaitu kemampuan pengelolaan dana dan distribusi dari CIMB Group/CIMB Niaga, serta ahli asuransi dan infrastruktur dari Sun Life Financial.

Ada 20 produk lebih yang menjadi andalan perusahaan ini, baik produk asuransi jiwa, kecelakaan, kesehatan, pendidikan, dan unit link. Beberapa produk unggulan mereka seperti: Asuransi X-Tra Optima, Asuransi X-Tra Premier Investa, Asuransi Cahaya Investa, X-Tra Medika Plus, Asuransi X-Tra Medika, dan X-Tra Siaga Plus.

Produk-produk ini dipasarkan melalui empat jalur distribusi. Pertama yakni melalui cabang-cabang CIMB Niaga atau In Branch. Distribusi ke-2, penjualan produk asuransi yang terintegrasi dengan produk keuangan lain atau Automatic. Distribusi ke-3 yaitu penjualan melalui telepon atau Telemarketing dan distribusi ke-4 penjualan dengan pendekatan telepon yang dikombinasikan dengan penjualan tatap muka atau Tele Direct.

Pendekatan pemasaran bancassurance secara menyeluruh atau holistic ini diklaim merupakan satu-satunya di Indonesia. “Ke depannya kami akan terus mengembangkan ini bersama CIMB Niaga,” lanjut Vivien.

Total aset CIMB Sun Life per 31 Desember 2012 tercatat sebesar Rp 1,829 triliun (belum diaudit) atau meningkat 63% dibandingkan dengan Rp 1,12 triliun pada periode yang sama di 2011. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved