Marketing Trends

Tingkatkan Customer Enggagement dengan Pointo Point XChange

Tingkatkan Customer Enggagement dengan Pointo Point XChange

Ada banyak cara customer engagement, salah satunya dengan program redeem reward points. Namun, cara redeem yang tidak mudah serta tidak menarik hadiahnya, menjadi alasan pelanggan menukarkan poin-poinnya. Akhirnya tujuan mengikat pelanggan tidak bisa dicapai perusahaan dengan program ini.

PT Loyalty Program Indonesia membantu perusahaan-perusahaan untuk tujuan tersebut tercapai. Didirikan pada 2008, perusahaan ini bisa dibilang perusahaan pengembang sistem loyalty program terbesar di Indonesia. Beberapa klien merchant besar yang sudah menggunakan layanan perusahaan ini antaranya Grand Indonesia, Pacific Place Mall, Aeon Mall, Centro Department Store, Indomaret, Ranch Market dan Farmers Market.

Ari Sefanus, CEO dan Pendiri Pointo Point Xchange

Ari Sefanus, CEO dan Pendiri Pointo Point Xchange

Hari ini platform baru mereka diluncurkan di Hotel Millenium, Jakarta, yaitu Pointo Point Xchange, berfungsi untuk menghubungkan penukaran point reward program antar merchant. Penukaran merchant dapat dilakukan bukan hanya antar merchant di Indonesia, tapi juga merchant antar negara di Asia dengan menyesuaikan perhitungan point dengan mata uang lokal negara masing masing. Saat ini Pointo Point Xchange sudah memiliki 10 merchant sebagai Point Receiver dan 3 Point Issuer yang memiliki floating Point sebesar Rp 5 miliar yang telah bergabung dalam platform ini.

Menurut Ari Sefanus, CEO dan Pendiri Pointo Point Xchange, tanggal 13 November nanti pihaknya akan meluncurkan platform ini bersama Electronic Solutions. Dan tahun ini, pihaknya akan merambah Malaysia dan Hong Kong sehingga program ini bisa dinikmati konsumen hingga ke luar negeri. “ Baik pihak point of issuer dan point of receiver, sama-sama diuntungkan. Dan yang terpenting adalah bagaimana Loyalty Program Owner memberikan sebuah kebebasan kepada para member mereka untuk menentukan di mana mereka tertarik menukarkan point mereka. Melalui Pointo Point Xchange, dapat memberikan value tambahan kepada pelanggan dan ini langsung dapat dirasakan manfaatnya. Caranya sangat mudah, Shop-Show-Scan-Rendeem with point-Get auto receipt,” ujar Ari.

Berbeda dengan program redeem poin yang sudah ada Pointo Point Xchange benar-benar langsung mengena manfaatnya bagi pelanggan. Menurut Ari, selama ini banyaknya merchant yang menawarkan program penukaran reward point di merchant dan barang yang sama, ini tidak menarik bagi pelanggan, akhirnya point reward pelanggan pun terbuang sia-sia.

“Target peningkatan transaksi dengan program redeem point akhirnya tidak tercapai,” imbuhnya. Ari menyebut salah satu yang yang sudah menggunakan platform yang dikembangkan perusahaannya adalah Trust Card, kartu pelanggan dari Ranch Market dan Farmers Market di mana poinnya dapat dimanfaatkan secara variatif. Selain penukaran poin, pemegang Trust Card juga dapat menikmati diskon in-store serta penawaran menarik di sejumlah merchant rekanan.

Di dalam Point Xchange platform ini terdapat 3 pihak yang terlibat. Pertama, Point Issuer. Kedua, Point Receiver. Ketiga, Pointo sebagai Point Xchange yang berada dia antara Point Issuer dan Point Receiver. Point Issuer akan memiliki point value yang berbeda beda sesuai dengan budget yang telah di tetapkan oleh perusahaan mereka, misal 1 Point Value (PV) perusahaan A adalah 1.000 dan perusahaan lain 1PV sebesar 500 dan seterusnya

“Bukan saja aktifitas belanja yang bisa meningkatkan point, member juga bisa mengoneksikannya dengan aktifitas media sosial seperti retweet news, posting di wall Facebook, love picture di Instagram, In store check ini, semua aktivitas tersebut dapat di berikan berupa reward points, dan point-point tersebut dapat di redeem di seluruh point receiver yang berpartisipasi, sehingga akan menghemat waktu dan budget bagi mereka yang membutuhkan nilai tambah lebih bagi para member mereka,” papar Ari.

Saat ini yang sudah tergabung menjadi point receiver atau rekanan merchant penerima penukaran point reward yaitu Haagen Dasz, Garuda Indonesia, Cinemaxx, TX travel, Air Asia, Baywalk Margo City, Welcomm. Sedangkan point issuer yang sudah bergabung adalah Ranch Market, Farmers Market, dan Optic Seis (dengan Digital Card). Menyusul, Electronic Solutions melalui ES Card-nya pada 13 November akan diluncurkan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved