Wings Hadirkan House of So Klin

Membangun merek selama 35 tahun tidaklah mudah, apalagi merek yang dikelola untuk produk fast moving consumer good (FMCG). So Klin membuktikan merek ini terus tumbuh dan makin kuat selama 35 tahun di pasar sabun pembersih pakaian di Indonesia. Merek lokal ini bahkan mampu bersaing dengan merek yang dipegang perusahaan multinasional.

Dalam upaya lebih meningkatkan keintiman dengan pelanggan setianya, Wings mengadakan gelaran unik yaitu House of So Klin di Atrium Laguna Central Park Jakarta dari tanggal 5-10 Mei 2015.

Unik karena di House of So Klin menghadirkan beberapa publik figur yang pernah turut ambil bagian dalam tiap era perkembangan merek ini. Dengan cara ini Wings ingin So Klin lebih dekat dengan konsumen sembari menceritakan pengalaman So Klin dari dahulu hingga sekarang, sebut saja Titiek Puspa, Indy Barends dan Rina Nose. House of So Klin juga bukan sekadar menampilkan para bintang merek ini, tapi konsumen juga diajak mengenal kembali apa saja kelebihan setiap varian So Klin, serta bagaimana perjalanan komunikasinya.

Tahun 90-an  kita mengenal tagline So Klin is The Best yang diusung Titiek Puspa sebagai talent. Kampanye ini berhasil membuat brand awareness So Klin sangat tinggi serta mendapat respons yang positif di pasar. Tagline So Klin is the best terus digunakan secara berkelanjutan dari tahun ke tahun.

Kemudian muncul So Klin 3 in 1 yang berubah menjadi So Klin Power. Disinilah awal mula pengembangan produk So Klin pada 3 fungsi penting yaitu membersihkan pakaian dari kotoran, Menjaga serat pakaian hingga serat terdalam, dan Menjaga warna pakaian tetap cerah.

Dengan kekuatan teknologi terkini pada saat itu, So Klin Power disempurnakan dan diberi nama So Klin Pro. Untuk menambah varian produk, muncullah So Klin Higinis, yang mengusung pesan Bersih Saja Tidak Cukup. Formula anti bacterial (TCC dan Triclosan) dan 3 fungsi penting So Klin yaitu: membersihkan kotoran, menjaga serat dan menjaga warna dari pakaian.

kiri-kanan :  Joanna Elizabeth Samuel (Product Manager So Klin Fabric), Indi Barends, Titiek Puspa, Rina Nose, dan Aristo Kristandyo (Group Head of Marketing Communications) kiri-kanan : Joanna Elizabeth Samuel (Product Manager So Klin Fabric), Indi Barends, Titiek Puspa, Rina Nose, dan Aristo Kristandyo (Group Head of Marketing Communications)

“Bakteri yang menempel di pakaian membuat bau tidak sedap, ini tidak kita sadari, dalam setiap lembar kain 1,5 x 1,5 meter terdapat lebih dari 400.000 kuman jenis aspergillus yang mengancam kesehatan. Maka dengan kekuatan anti bacterial di dalam So Klin dan tampilan hi-tech yang menggunakan formula baru, kuman dalam pakaian dapat langsung mati, “ ujar Joanna Elizabeth Samuel, Product Manager So Klin Fabric.

Wings juga tidak henti berinovasi guna menjawab kebutuhan pasar yang makin menuntut kepraktisan dan meningkatnya kesadaran pada lingkungan hidup. “Pertumbuhan pasar diterjen cair di Indonesia dua tahun terakhir luar biasa pesat 40,78 persen, sedang diterjen bubuk hanya 7,40 persen, Wings menjawabnya dengan menghadirkan So Klin Liquid,” ujar Joanna. Selain itu ada So Klin Bio-Matic yang ramah lingkungan, dan So Klin Softergent yang menggabungkan deterjen dan pelembut wangi segar.

Bukan sekadar ikut-kut pasar dalam mengeluarkan varian, setiap produknya menurut Joanna adalah hasil uji coba dan riset ilmiah. Bahkan produk So Klin yang diuji coba di laboratorium Wings pernah juga diuji coba oleh Ciba Speciality Chemical Swiss, serta didukung oleh Asosiasi Pertextilan Indonesia (API). Maka itu merek diterjen lokal ini berhasil diterima dipasar ekspor, ke negara-negara di Asia Pasifik, Amerika Latin dan Afrika. So Klin juga memiliki serangkaian produk pendukung lainnya, yaitu So Klin Pewangi, So Klin Softener, So Klin Pemutih, So Klin Rapika, dan So Klin Fresly.

Selama seminggu merayakan 35 tahun merek So Klin itu, konsumen yang mampir di House of So Klin bisa membeli paket pembelian produk-produk dengan merek tersebut di Central Park. Ada paket Rp 50 ribu dan Rp 80 ribu. Pembeli paket berhak mengikuti lucky draw dan door prize berhadiah mesin cuci. “Ada pertujukan Puppet show, mewarnai, menempel, menggambar, membuat baling-baling, dan sebagainya. Juga ada talk show dengan tema-tema menarik dan gratis, Internet Sehat Bagi Anak, Alergi Pada Anak, Cara Bisnis Online yang Prospektif, dan Produk Investasi Keluarga,” imbuhnya.

Untuk memperkuat aktifasi ini, Wings juga mengintegrasikan program ini dengan sosial media, melalui akun So Klin di facebook dan twitter. “Kami mengajak konsumen membuat video testimoni, pengalamannya selama menggunakan So Klin, hadiahnya gadget,” tuturnya. Langkah ini menurutnya akan makin menguatkan kedekatan So Klin dengan pelanggannya. Mereka tahu perjalanan merek itu dan bagaimana produk ini dikembangkan.

“Kami  mengapresiasi So Klin yang telah memberikan kepercayaan kepada kami bertiga untuk menjadi bagian dari keluarga besar So Klin. Indy Barends dan Rina Nose juga hadir mewakili generasi muda pemakai produk nasional yang berkualitas tinggi ini,” pungkas Titiek Puspa, Brand Ambassador So Klin tahun 1996 – 2007. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)