Tips Sukses Membangun Bisnis dengan Menunggangi Media Sosial

Dalam perayaan HUT ke-3, Ninja Xpress mengadakan acara khusus yang bukan saja perayaan, tapi juga dengan berbagi pengetahuan bagi para pelaku UKM. Acara yang bertema '3Xtraordinary Event' di Lippo Kemang Village ini diharapkan bisa mendorong kinerja para UKM yang setia menggunakan jasa perusahaan logistik ini.

Menurut Prabu Revolusi, jurnalis TV yang juga wirausahawan ini, merasakan manfaat besar memasarkan usaha di media sosial. "Saya masih terus belajar tentang ilmu digital marketing. Kali ini saya berbicara berdasarkan pengalaman usaha saya dengan istri, ZeeZee. Alhamdulillah bisnis kami terus berkembang dengan dukungan digital marketing," ujar Prabu di hadapan lebih dari 100 penjual dari Tokopedia Top Community di Jadetabek (21/10/2018).

Prabu bersama istrinya memiliki dua usaha yaitu restoran steak dan clothing line. Ia mengakui, dua jenis usaha ini pesaingnya banyak, maka itu mereka mengambil strategi berbeda.  "Untuk bisa survive dan bertumbuh, kami harus punya cara berbeda dalam memasarkan. Dua usaha kami adalah Prabusteakcoffee dan ZeeZee Project. Kami memaksimalkan akun media sosial untuk memasarkan dan kami tidak beli follower, berkembang secara organik. Untuk Prabu Steak Coffee follower 16,6 ribu. Dengan media sosial penjualan ya meningkat 80%, sedangkan ZeeZee Project naik 120%," jelasnya.

Ia dan istrinya menyadari di era digital konsumen akan mempercayakan Google dalam mencari produk pun, makanya harus menyediakan produk terbaik agar selalu mendapat posisi teratas. "Konsumen itu menulis komentarnya di digital. Kita tidak bisa menghapusnya ketika mereka berkomentar buruk karena produk kita jelek. Maka itu kunci utamanya menyediakan produk terbaik," tegasnya.
Ia menyebut saat ini rating restorannya di Google 4,4, Facebook 4,8 dan Zomatoo 4 dari tertinggi rating di ketiganya adalah 5. "Cukup bagus, tapi menurut saya bukan sekadar rating,  yang utama pelayanan. Bahwa ketika disapa di akunnya harus ramah menjawab, bukan sekadarnya, harus interaksi yang dibangun," katanya.
Prabu kerap memperhatikan konsumen setianya yang berkomentar di dua akun media sosial usahanya. Seperti memberikan produk gratis atau sekadar memposting ulang postingan mereka. Penetrasi internet sudah 50% jadi memang kampanye di internet menjadi keharusan.Ia memberi tips, jangan jadikan media sosial sekadar tempat iklan. Jadikan sebagai kanal agar lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen, membangun relasi dan narasi sesuai dengan produk dan latar belakang pendiri. "Tidak harus menggunakan semua media sosial, tergantung bisnisnya. Bisa saja hanya menggunakan Instagram saja. Saya sarankan para UKM jangan sungkan berinvestasi lebih di media sosial," tuturnya. Dan dia mengingatkan bahwa lebih baik membangun value, ketimbang hard selling. Karena konsumen sekarang makin cerdas dalam memilih.

Menurut IE Ignatius Eric Cahya Saputra, Country Head Ninja Xpress, di usia Ninja Xpress yang ketiga ini perusahaan meningkatkan komitmennya dalam menghadirkan layanan pengiriman. Dalam acara ini pihaknya ingin menunjukan bahwa betapa 3Xtraordinary-nya para pembeli maupun penjual, yang telah mempercayai Ninja Xpress sebagai mitra pengiriman pribadi mereka.

"Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, Ninja Xpress menghadirkan beberapa program yang telah merevolusi industry pengiriman melalui teknologi mutakhir kami, termasuk Cash On Delivery (COD), Pelacakan Paket Real-Time dan layanan kirim paket fleksibel," imbuhnya.

Selain itu, hanya dalam waktu tiga tahun yang singkat, Ninja Xpress telah mampu menghadirkan tingkat pelayanan terbaik di kelasnya. Pengiriman nasional dengan cakupan area yang telah menjangkau 100% Indonesia, dari Sabang hingga Merauke yang telah berhasil tercapai pada Agustus 2018 lalu

Nijna Xpress tumbuh menjadi layanan pengiriman didukung oleh komunitas yang besar, para pembeli dan penjual yang sangat aktif, serta teknologi mutakhir, menjadikan Ninja Xpress mampu menghadirkan layanan terbaik dan memastikan masalah pengiriman para pelanggan benar-benar bebas dari masalah. Ekspedisi ini  fokus untuk mendukung UKM di Indonesia, dengan menghadirkan program diskusi inovatif bagi para komuniitas penjual.

Melalui komunitas penjual, Ninja Xpress membangun aktivitas edukatif yang membangun. Setelah sukses menghadirkan acara komunitas di Jabodetabek area, berkembang ke lebih dari 20 acara komunitas bersama marketplace dan lebih dari 2.000 partisipan, Ninja Xpress sedang mempersiapkan sesuatu yang besar untuk diluncurkan di akhir tahun.

Masih dalam rangka perayaan ulang tahun ini, juga diadakan juga flash sale sebagai bagian dari ‘3Xtraordinary Event’. Ini akan menjadi promo terbesar yang dipersembahkan oleh Ninja Xpress, dengan promosi besar-besaran seperti ‘Flash Sale, serba Rp 3.000 di Bukalapak, dan double promo: cashback + gratis ongkir hingga Rp 30 ribu di Tokopedia. Selain itu berlokasi di tempat talkshow tentang UKM dan media sosial tersebut juga diadakan gelaran musik menghadirkan penyanyi Afgan Syahreza, Eclat dan Lalahuta, serta pertunjukan Drumlight Percussion.
Editor : Eva Martha Rahayu
www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)