Tokopedia Sediakan 4 Pilihan Produk Investasi Bagi Milenial

Tokopedia menawarkan empat pilihan produk investasi, yaitu reksa dana, saham, deposito, dan emas.

Melakukan investasi tidak harus setelah bekerja atau memiliki penghasilan. Kini, generasi muda juga dapat berinvestasi sejak dini, bahkan saat masih berstatus mahasiswa sekalipun. Dengan berbagai variasi instrumen investasi serta tersedianya platform yang memberikan kemudahan berinvestasi secara online, generasi milenial dapat berkontribusi besar untuk mendorong perekonomian Indonesia.

Namun, sebelum mulai berinvestasi, tentu harus memperhatikan tipe investasi yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan di antaranya, jangka waktu, besar keuntungan yang bisa didapatkan, dan risiko yang dihadapi. Sebagai salah satu platform penyedia produk investasi, Tokopedia menawarkan empat pilihan instrumen investasi bagi generasi muda.

Pertama investasi reksa dana, bagi seorang pemula dalam dunia investasi, reksa dana bisa menjadi salah satu pilihan. Melalui investasi reksa dana, generasi muda dapat membeli unit penyertaan reksa dan mempercayakan pada seorang Manajer Investasi (MI) untuk mengelolanya dalam portofolio investasi berbagai produk, seperti obligasi, deposito, dan saham. Reksa dana juga bisa dimulai dengan nominal yang rendah.

“Selain karena mudah dan risikonya relatif lebih rendah, reksa dana merupakan pilihan investasi yang tepat bagi yang tidak banyak memiliki waktu luang,” jelas Tokopedia dalam keterangan persnya, Rabu (28/08). Tokopedia dalam hal ini bekerja sama dengan Bareksa.

Kedua investasi saham, saham dapat diartikan sebagai satuan nilai yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan. Ketika seseorang membeli saham suatu perusahaan, maka orang tersebut telah memiliki hak atas aset dan pendapatan perusahaan tersebut dengan porsi sebesar saham yang dibeli. Saham merupakan produk investasi yang memiliki risiko cukup tinggi, namun sebanding dengan imbal hasil yang bisa didapatkan. Bagi generasi muda yang ingin berinvestasi saham, analisis fundamental saham sebaiknya dipelajari terlebih dahulu.

Ketiga deposito, deposito merupakan produk simpanan yang umumnya disediakan oleh bank dengan ketentuan penarikan yang dapat dilakukan sesuai ketentuan yang sudah disepakati oleh nasabah dan bank. Dengan bunga pendapatan yang stabil, pemodal tidak perlu khawatir untuk mengelola investasi tersebut. Meskipun keuntungannya tidak sebesar investasi saham, tabungan deposito berjangka cenderung berisiko rendah dan menghasilkan keuntungan yang relatif stabil.

Keempat, investasi emas digital, emas merupakan investasi yang menarik karena memiliki beberapa kelebihan, yaitu kebal akan inflasi, tidak mudah rusak, minim risiko, dan harga yang relatif selalu naik. Di Tokopedia, membeli emas bisa dilakukan mulai dari Rp 500.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)