Total Transaksi Pegipegi 2016 Melonjak 250%

Total transaksi Pegipegi di 2016 meningkat hingga lebih dari 250% dibanding tahun lalu. Jika awalnya pemesanan hotel berkontribusi paling dominan, kini pemesanan tiket kereta api menjadi yang paling tinggi disusul oleh pemesanan hotel dan tiket pesawat. Tren wisata di Indonesia menurut Ryan Kartawidjaja, Deputy CEO Pegipegi, dipengaruhi oleh smartphone yang memiliki kamera. Banyak pelancong muda yang bepergian ke tempat-tempat wisata baru untuk dipamerkan di media sosialnya sehingga membuat orang lain berbondong-bondong ke tempat tersebut. Para pembeli Pegipegi sendiri mayoritas berusia 20-35 tahun. “Contohnya saja Candi Boko karena banyak yang memposting di media sosial jadi ramai dikunjungi,” ujarnya.

img_8990

Ryan mengatakan 50% pembeli melakukan pembelian last minute atau melakukan pemesanan untuk hari ini atau keesokan hari. Untuk pemesanan untuk akhir tahun yang sudah termasuk peak season masih sekitar 12% untuk pemesanan hotel, 15% untuk pemesanan tiket pesawat, dan 25% untuk pemesanan tiket kereta api. Untuk mendorong pemesanan untuk akhir tahun, Pegipegi mengadakan promo Kado yang berlangsung mulai 1-31 Desember 2016. Promo Kado ini diadakan dengan skema yang berbeda-beda setiap hari memberikan diskon hingga 50% untuk pemesanan hotel, tiket pesawat, dan tiket kereta api.

“Tahun 2015 lalu, promo Kado berhasil mencapai 4 (empat) kali lipat dibanding jumlah transaksi di Desember 2014.Target kami tahun ini, promo Kado bisa mencapai transaksi 3 kali lipat dari tahun 2015,” ujar Ryan optimis.

Berdasarkan data internal Pegipegi, destinasi favorit yang sering dikunjungi oleh masyarakat Indonesia pada tahun 2016 adalah Jakarta, Bandung, Bali, Yogyakarta, dan Surabaya. Namun, seiring dengan gencarnya mengampanyekan 10 Bali baru yaitu Danau Toba, Sumatera Utara; Tanjung Kelayang, Bangka Belitung; Tanjung Lesung, Banten; Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Candi Borobudur, Jawa Tengah; Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur; Wakatobi, Sulawesi Tenggara; Wisata Bromo-Tengger-Semeru, Jawa Timur; Mandalika, Nusa Tenggara Barat; dan Morotai, Maluku Utara, pada tahun 2017 nanti kemungkinan tempat yang menjadi akan menjadi favorit dikunjungi adalah 10 destinasi wisata Bali baru itu.

Saat ini, Pegipegi belum menyediakan tiket pesawat dari maskapai luar negeri begitu pula dengan hotel diluar negeri. Namun, di Desember nanti pilihan hotel di luar negeri akan tersedia. Selain itu, dalam waktu dekat ini, Pegipegi akan meresmikan kerja sama dengan maskapai Garuda Indonesia.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)