TRAC Andalkan Word of Mouth

Sewa mobil untuk perjalanan dinas hingga liburan dengan keluarga, memang gampang-gampang susah. Tak hanya jenis mobilnya yang harus nyaman, sopirnya pun harus ramah, sopan, dan tentunya berkendara dengan aman. Oleh karena sifat layanan yang benar-benar jasa, TRAC-Astra Rent a Car tak banyak berpromosi lewat aktivitas above maupun below the line.

“Misalnya seperti ini mobilnya sama-sama (Kijang) Innova. Namun ada yang membedakan disini, seperti layanan drivernya, layanan staffnya, dan kemampuan kita memaintain isi mobil,” kata Chief Operating Officer PT Serasi Autoraya (TRAC-Astra Rent a Car), Hadi Winarto.

Hadi Winarto,Chief Operating Officer PT. Serasi Autoraya (Trac)

Jadi, kepuasan pelanggan yang akan lebih berdampak pada brand awareness ketimbang mengadakan event khusus, atau beriklan di billboard dan majalah. Perseroan diuntungkan dengan pasar terbesar di bisnis rental mobil saat ini adalah nasabah korporasi ketimbang individu. Strategi word of mouth adalah senjata yang ampuh.

“Kami akan lebih ke b2b bisnisnya. Misalnya, company baru tentu akan cek ke market berdasarkan info dari teman-temannya. Perusahaan b, c, dan d yang akan cerita dan merekomendasikan mereka yang menurut mereka terbaik,” kata dia.

Dari sisi kualitas, lanjut dia, TRAC-Astra Rent a Car lebih unggul dengan pelayanan customer assistance 24 jam. Tak hanya teknologinya yang terus ditingkatkan, layanan orang-orangnya juga terus diperbaiki. Termasuk proses layanan yang harus lebih cepat.

Dalam 5 tahun terakhir, nasabah menuntut layanan yang terus meningkat. Tak heran, perseroan harus selalu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, kemudian sistem layanan, serta proses layanan agar menjadi jauh lebih cepat dan efisien.

“Cabang kami ada di 33 titik di seluruh Indonesia. Satu cabang isinya ada banyak orang, mekanik, kepala bengkel, layanan flip-nya, customer service, dan lainnya. Di semua cabang, kami melayani 24 jam, 7 hari seminggu,” ujar dia.

Saat ini, market size di bisnis rental mobil ada sekitar 480 ribu mobil. TRAC-Astra Rent a Car hanya memiliki 30 ribu mobil diantaranya. Pemainnya, mulai dari perorangan, kelompok, hingga perusahaan besar. “Setahun, omset kami kira-kira Rp 3,5 triliun,” ujar dia. (Aulia Dhetira)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)