Trade Expo Indonesia 2014 Hadirkan 14.000 Buyer

Trade Expo Indonesia 2014 (TEI 2014) yang berlangsung pada 8 – 12 Oktober 2014 menghadirkan total buyer potensial hampir mencapai 14ribu orang, yang berasal dari lebih 100 negara. Lima negara yang mendominasi TEI 2014 yaitu Nigeria, India, Malaysia, Arab Saudi, dan Bangladesh. Tahun ini produk yang paling dicari adalah tekstil dan produk tekstil, home decoration, produk pertanian, fesyen dan aksesoris, serta produk furniture kayu.

Trade Expo Indonesia 2014

“Dari rincian tersebut dapat dilihat bahwa setiap tahun TEI menarik minat pembeli dari berbagai Negara untuk hadir di Indonesia. Keberagaman buyer terbesar tahun ini juga membuktikan bahwa produk Indonesia mempunyai keunggulan dan diminati oleh pasar-pasar prospektif di seluruh dunia,” ucap Muhammad Lutfi, Menteri Perdagangan.

TEI kali ini mengangkat tema “Towards Green Business”, yang mengedepankan produk-produk ramah lingkungan. Dengan mengangkat tema ini diharapkan dapat menopang perekonomian melalui peningkatan nilai ekspor non-migas. Ajang ini menjadi momentum yang pas untuk mempromosikan potensi maupun eksistensi keanekaragaman produk dan jasa Indonesia sebagai produk yang berkualitas dan berwawasan luas lingkungan.

“Dengan mengedepankan produk Indonesia yang ramah lingkungan, kita juga sekaligus memberikan apresiasi kepada buyers yang senantiasa percaya pada kualitas produk dan jasa ekspor Indonesia,” tambah Lutfi.

Pada TEI 2013 pengunjung terbanyak berasal dari Malaysia. Afrika Selatan, Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat. Sedangkan produk yang diandalkan pada 2013 produk yang diandalkan adalah produk pertanian, furniture, perlengkapan otomotif, kopi, serta makanan dan minuman. Hal ini menunjukkan adanya pergesaran tren produk yang diminati. Ini menjadi indikasi bahwa semakin banyak jenis produk Indonesia yang diminati pembeli mancanegara.

Dengan demikian melalui TEI 2014 diharapkan dapat meratakan perkembangan produk-produk Indonesi yang berorientasi eskpor serta perluasan jaringan bisnis sebagai upaya untuk meningkatkan nilai ekspor produk dan jasa nasional, yang sesuai dengan tujuan pengadaan TEI 2014. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)