Trakindo Pamerkan Dua Produk Baru di MCI 2015

Dalam pameran Mining and Construction Indonesia (MCI) 2015, Trakindo meluncurkan dua produk terbarunya dari Caterpillar yaitu articulated truck CAT 745C dan wheel loader CAR 950 GC. “Dua lini produk ini merupakan hasil riset dan juga feedback dari pelanggan setia kami,” ujar Aryamir Husein Sulasmoro, Mining Market Development Manager Trakindo.

Articulated Truck CAT 745C merupakan generasi terbaru dari articulated dump truck Catepillar seri C yang dikembangkan khususnya untuk industri pertambangan. CAT 745C mengusung mesin C18 dengan teknologi ACERT. Dibandingkan pendahulunya, CAT 745C memiliki daya mesin 4% lebih besar, peningkatan power-to-weight ratio hingga lebih dari 6%. Peningkatan kapasitas angkut hingga 4% lebih banyak dan efisiensi bahan bakar (ton/liter) 5% lebih tinggi yang dapat menghadirkan produktivitas 10% lebih tinggi.

CAT 745C dilengkapi dengan kontrol traksi otomatis untuk menghadapi berbagai medan dan kondisi tanah. Fungsi dari sistem ini adalah untuk mempertahankan traksi optimal untuk produksi yang stabil, menghemat bahan bakar dengan menerapkan penguncian secara proporsional berdasarkan kondisi pengoperasian, dan tidak mengganggu pengendalian saat bermanuver di tempat yang sempit.

IMG_3420

 

Pada CAT 745C, perpindahan gigi lebih halus serta lebih cepat untuk meningkatkan akselerasi dan kehadiran kontrol retarder otomatis penuh mampu mengelola perlambatan alat berat tanpa intervensi dari operator. Waktu siklus CAT 745C juga lebih cepat untuk menghasilkan peningkatan produksi yang signifikan.

Dari sisi keamanan, CAT 745C mengaplikasikan sistem waiting break yang berfungsi untuk menjaga keamanan sekaligus kenyamanan operator saat unit dalam posisi menunggu pemuatan. Selain itu, CAT 745 C memiliki kapasitas angkut 45 ton ini memiliki fitur pelindung dan keselamatan seperti Struktur Pelindung Bahaya Terguling (ROPS) dan Struktur Pelindung Benda Jatuh (FOPS); fungsi rem sekunder dan rem parkir yang menghasilkan efisiensi pengereman lebih optimal; serta tempat berjalan dengan permukaan anti gelincir. CAT 745C dilengkapi dengan pemanas khusus untuk mengurangi daya lengket dari material yang diangkut.

Wheel Loader CAT 950GC merupakan wheel loader sedang berdaya angkut 5 ton. Generasi terbaru wheel loader ini dibuat untuk mendukung kesuksesan industri di Indonesia, khususnya industry konstruksi. CAT 950GC ini memiliki mesin yang hemat bahan bakar. Sistem bahan bakar common rail fuel injection dantorque converter ini menghasilkan transmisi yang halus. Selain itu, model ini juga dilengkapi dengan sistem hidraulik sensor beban yang dapat mengurangi konsumsi bahan bakar.

Performance Series Bucket pada CAT 950GC memiliki mulut bucket lebih lebar, lantai lebih panjang, sisi samping yang melengkung dan terdapat penyangga agar muatan tidak tumpah. Kombinasi dari hal ini, dapat menghasilkan produktivitas pengisian material ke dalam bucket lebih tinggi. Fitur-fitur pengoperasian dan kontrol juga mudah dijangkau dan dikendalikan serta memiliki fitur pilot operated untuk memudahkan perawatan dan perbaikan. CAT 950GC juga terintegrasi dengan Product Link/Vision Link yang memantau kondisi keseluruhan alat berat antara lain monitor jam kerja alat, pelacakan lokasi, konsumsi bahan bakar, dan lain-lain.

Meskipun industry mining sedang mengalami penurunan, Aryamir optimis kedua varian terbaru ini dapat diterima di pasar. “Meski industri mining sedang menurun, bukan berarti industri ini akan berhenti. Kami mengedepankan efisiensi yang dihasilkan oleh kedua varian baru ini yang tidak dimiliki oleh competitor,” jelas Aryamir. Mengenai harga, Aryamir belum dapat merilisnya. Namun, kedua varian ini sudah tersedia di pasar Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)