Transaksi Kuartal III 2016 OLX Rp37 Triliun

Dengan terus memberdayakan masyarakat untuk meng-upgrade diri, pertumbuhan positif pun terus dinikmati oleh situs iklan baris online ini. Pada kuartal III/2016 OLX mengumumkan pencapaian terakhir mereka, 1 juta pengguna aktif aplikasi Android & iOS setiap harinya.

Tiap bulan, OLX memfasilitasi 1.6 juta transaksi dengan nilai transaksi lebih dari Rp 37 triliun. Kategori yang berkontribusi paling besar adalah kendaraan bermotor. Selama kuartal ketiga, penjualan mobil mencapai 260 ribu unit dengan kisaran harga jual Rp 160 juta per unit. Kemudian motor, penjualannya mencapai 270 ribu unit dengan harga sekitar Rp 13 juta per unit.

OLX - #BekasJadiApapun

Pertumbuhan tren yang begitu cepat memunculkan dorongan untuk mengikuti dan mengadaptasi gaya hidup terbaru yang lebih moderen, praktis dan nyaman. Selain membantu meng-upgrade kualitas hidup ke level yang lebih baik, adaptasi tren ini juga menjadi sebuah simbol kemapanan baru.

Namun, mengadaptasi tren terbaru bukan perkara mudah. Sering kali dibutuhkan sejumlah dana yang tidak dapat diperoleh dalam waktu singkat. Hal ini membuat masyarakat terpaksa menunda untuk mewujudkan keinginan mereka.

“Memiliki kualitas hidup yang lebih baik adalah impian semua orang, tetapi hal ini tidak mudah diwujudkan. E-commerce memberikan akses bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan hal yang mereka butuhkan. Sayangnya, sering kali kendala yang muncul adalah keterbatasan dana yang dibutuhkan,” ujar Daniel Tumiwa, CEO OLX Indonesia.

“Hal semacam ini menjadi insipirasi kami untuk melakukan berbagai inisiatif, membuka akses bagi sebanyak mungkin masyarakat Indonesia untuk bisa maju dan meningkatkan kualitas hidup mereka.” sambungnya.

Hal menarik yang muncul di OLX adalah inspirasi  datang dari para pengguna. Menurut survei yang dilakukan OLX pada pertengahan tahun 2016, mayoritas responden ternyata mengumpulkan berbagai macam jenis barang untuk dijadikan modal dalam mencapai keinginan atau mimpinya. Misalnya, untuk meng-upgrade smartphone, mereka tidak hanya menjual smartphone lamanya, tetapi juga mengumpulkan barang-barang lain yang sudah tidak terpakai, seperti pakaian, sepatu, jam tangan hingga alat elektronik lainnya untuk menjadi modal tambahan. Dengan melakukan hal tersebut, mereka mendapatkan smartphone yang diinginkan dengan lebih cepat dan dengan sedikit tambahan dana yang dibutuhkan.

Di sisi lain, para pengguna OLX juga memanfaatkan jutaan barang second hand atau pre-loved yang dijual di platform OLX.co.id. Barang-barang tersebut dinilai sebagai sebuah pilihan cermat karena berkualitas dan harganya lebih terjangkau. "Banyak sekali barang second hand yang dijual di OLX merupakan keluaran terbaru, dan dijual beberapa bulan setelah peluncuran. Misalnya, Galaxy S7 32GB yang belum lama diluncurkan, saat ini sudah beredar dalam kondisi second, di OLX.co.id. Harganya mulai dari Rp6,5 juta. Ini jauh lebih murah daripada harga barunya yang mencapai Rp8,9 juta,” ujar Edward Kilian, Chief Marketing Officer OLX.

Kejelian pengguna dalam memanfaatkan platform OLX, menjadi inspirasi OLX untuk meluncurkan kampanye #BekasJadiApapun. Kampanye ini bertujuan untuk mengajak masyarakat memanfaatkan berbagai macam barang yang tidak terpakai, untuk menjadi modal mewujudkan mimpi atau keinginannya.

Melalui kampanye #BekasJadiApapun, masyarakat diajak menceritakan pengalamanannya dalam mewujudkan keinginan dengan memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai.OLX menyediakan voucher bahan bakar selama setahun penuh untuk mereka yang berhasil mewujudkan keinginannya di kategori otomotif. Pada kategori gadget, OLX menyediakan hadiah berupa pulsa setahun penuh. Dan untuk kategori lainnya, OLX menyediakan voucher belanja setahun penuh.(EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)