Tren Baru Penggunaan Printer Laser di Kalangan UKM

Sebuah analisa dari Fuji Xerox Printer Channel mengenai pasar printer di Indonesia, menyebutkan adanya indikasi keberadaan UKM sebagai kunci utama bagi pertumbuhan pasar printer di Indonesia. Berangkat dari analisa tersebut, Fuji Xerox juga melihat adanya perubahan tren pemakaian printer tersebut di kalangan UKM, dari printer inkjet ke printer laser.

Printer Fuji Xerox

"Pertumbuhan printer laser tiga setengah kali lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan pasar printer inkjet," kata Jolene Yeo, Marketing Manager ASEAN Fuji Xerox Printer Channel di Jakarta, Rabu 8 Februari 2012.

Analisa tersebut menunjukan bahwa pertumbuhan pasar printer laser yang pesat dari segmen UKM, disebabkan oleh tiga faktor. Ketiga faktor tersebut adalah pertimbangan mengenai biaya, kemudian performa printer laser yang lebih baik, dan yang terakhir adalah kepuasan hasil dari printer laser itu sendiri.

UKM saat ini dipandang sudah semakin terbiasa dengan pemanfaatan teknologi informasi tanpa melihat lagi faktor biaya pembelian awal. Mereka justru sudah lebih terfokus pada segi pembiayaan total, dimana dengan pola seperti itu, UKM dapat mengurangi biaya mencetak hingga 60 persen. Dari segi penampilan printer laser sendiri mampu diandalkan.

Printer laser sendiri dapat menghasilkan cetakan lebih cepat dan lebih bisa diandalkan dengan hasil cetak yang lebih baik. Kemudian, faktor lain yang tak kalah penting adalah, UKM disebut-sebut akan mendapatkan kenyamanan dan ketenangan dari sisi performa tanpa harus mengkhawatirkan kualitas dan kecepatan dari pencetakan (peace of mind).

Selanjutnya, analisa Fuji Xerox Printer Channel mengenai pasar printer di Indonesia turut menghantarkan kepada suatu kesimpulan. Kesimpulan tersebut menyatakan bahwa pertumbuhan yang terjadi di segmen printer mengacu kepada perusahaan-perusahaan swasta, pemerintahan dan UKM, dengan kunci utama pendorong perekonomian adalah UKM.

Tingkat pertumbuhan yang tinggi di segmen tersebut terjadi baik didominasi oleh kategori printer monokrom dan printer warna, dimana pertumbuhan unutk printer warna mencapai 18 persen. Kondisi ini membuktikan bahwa hasil cetak berwarna merupakan hal yang penting bagi perusahaan.

Di samping itu, Fuji Xerox Printer Channel, juga merasa yakin akan mampu meraih pasar printer di Indonesia. Teddy Susanto, Country Sales Manager Fuji Xerox Indonesia Printer Channel, menargetkan penjualan printer laser Fuji Xerox naik menjadi 40.000 unit. "Tahun 2011 penjualan printer laser kami tembus 32 ribu unit,,“ kata Teddy.

Optimisme tersebut terlahir dari pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada di peringkat kelima dunia. Apalagi, pemerintah Indonesia sedang giat menarik investor asing menanamkan modal di Indonesia. Pemerintah Indonesia tengah giat melakukan investasi untuk proyek-proyek infrastrukutr, yang kian menarik investor asing untuk menanamkan modal mereka di Indonesia, terutama di luar Jakarta.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)