Marketing Strategy

Tren Konsumen The Body Shop di Indonesia Bergeser

Tren Konsumen The Body Shop di Indonesia Bergeser

Kekuatan brand The Body Shop selama ini ditopang oleh konsumennya yang loyal, yang peduli terhadap kelestarian lingkungan. Maklum, mulai dari proses produksi hingga hasil akhir produk kosmetika asal Inggris ini diklaim lebih ramah lingkungan dibanding kompetitornya.

IMG_0125Di Indonesia sendiri konsumen loyal The Body Shop rata-rata berusia antara 25-35 tahun. Dalam beberapa tahun terakhir, tren konsumen ini bergeser. Kini kaum remaja juga mulai gemar membeli produk The Body Shop.

“Terjadi perubahan gaya hidup di kalangan remaja Indonesia saat ini. Dulu remaja hanya tau memakai bedak. Saat ini segala kosmetika dan wewangian juga dicoba,” ujar Ratu Ommaya, PR and Values Manager The Body Shop.

Maya mengatakan, dengan adanya perubahan gaya hidup remaja Indonesia tersebut, saat ini range usia konsumen The Body Shoip meluas dari 15-35 tahun.

Seiring dengan perubahan konsumen tersebut, demand terhadap produk juga meningkat tajam. Sayangnya Maya menolak menyebut berapa penjualan The Body Shop di negeri ini.

Di lihat dari sisi lini produk, juga terjadi pergeseran kontribusi. “Dari tiga lini produk The Body Shop yakni body care, make up dan fragrance (wewangian), tahun ini ada perubahan peta penjualan kami, dari yang semula body care mendominasi, saat ini penjualan make up dan fragrance juga meningkat, bahkan kontribusinya ketiga lini produk seimbang terhadap total penjualan.”

Jika body care biasanya dibeli oleh konsumen setia, make up dan fragrance lebih digandrungi oleh remaja. “Alasan anak-anak muda ini membeli wewangian The Body Shop karena harganya yang tidak terlalu mahal, sedangkan alasan mereka membeli make up kami adalah karena orang tua mereka menilai bahan-bahan kami lebih aman di kulit.”

Adanya kenaikan demand tersebut kemudian ditanggapi dengan semakin gencarnya The Body Shop membuka store baru. Per Oktober 2013 tercatat ada sekitar 96 storemereka yang tersebar di seluruh Indonesia, utamanya di wilayah Jabodetabek (sekitar 40an store). Targetnya, akhir tahun The Body Shop akan memiliki 100 store, jauh di atas jumlah store di 2012 yang sebanyak 80 store.

“Yang terbaru akan dibuka yakni di Cipinang, BSD dan untuk wilayah Indonesia Timur kami buka di Gorontalo dan Kendari,” ucapnya.

Menurut maya, selain karena ada peningkatan demand dari masyarakat, pembukaan store dilakukan seiring dengan semakin banyaknya kemunculan mall-mall besar di Indonesia. “Mall besar banyak di kunjungi konsumen kelas B+ dan A yang merupakan target konsumen dari The Body Shop,” tutupnya. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved