UangTeman Berbagi Cara Dapatkan Cuan di Tengah Pandemi

Dampak ekonomi karena pandemi yang berkepanjangan mulai terasa bagi masyarakat. Meski begitu, dengan adaptasi kebiasaan baru di  mana waktu banyak dihabiskan di rumah dapat digunakan masyarakat untuk lebih kreatif mencari penghasilan tambahan atau cuan sehingga bisa keluar dari permasalahan ekonomi.

UangTeman, pionir fintech lending di Indonesia, berbagi ide dan saran untuk membuka peluang usaha di tengah pandemi. Head of Marketing Communication UangTeman, M. Rizqi Tri Azhariya di mengatakan, banyak cara untuk tetap produktif mencari penghasilan tambahan cukup di rumah saja. “PR kita saat ini bagaimana memanfaatkan waktu untuk mendapatkan skill baru. Kita tetap kerja, tetapi kita juga ada sesuatu nih yang bisa produktif,” jelas Rizqi saat diskusi virtual (21/10/2020).

Saat ini, lelaki yang akrab disapa Qitri ini menjalankan usaha sampingan berjualan masker motif secara online. Dia juga mengambil pekerjaan sampingan lain yang berhubungan dengan pembentukan ide iklan promosi brand tertentu. Dari usaha sampingan itu, Qitri bisa memperoleh cuan hingga lebih dari Rp 50 juta.

“Contoh yang saya jalani berjualan online bisa dapat untung Rp 1-5 juta per bulan. Terus, dari hobi menulis tentang  konsep akhirnya menambah pendapatan saya hingga Rp 100 juta. Ini 75-80\% pekerjaannya dilakukan di rumah,” jelasnya.

Berjualan di masa pandemi akan semakin maksimal ketika memanfaatkan media sosial untuk media berjualan ke masyarakat. Senior Digital Marketing Manager UangTeman Fajar Rahanda Danaswara, menjelaskan, tema dan konten yang sesuai adalah hal penting untuk menghasilkan keuntungan dengan bermodal media sosial.

“Kita harus tahu target pembeli kita siapa. Pilih tema konten, mau lucu-lucuan, horor, atau bahkan kontroversial. Tema ini mesti konsisten. Jangan lupa berinteraksi dengan akun yang lebih besar. Lalu, melakukan promosi seperti endorsemen resmi, paid promote serta  melakukan affiliate marketing dengan komisi sekitar 2\%. Kalau kita konsisten, bisa menghasilkan,” kata Fajar yang juga seorang Selebtwit.

UangTeman sendiri telah melakukan beberapa inovasi untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin memulai bisnisnya dari rumah dengan menambah produk dan membesarkan ticket size jumlah pinjaman. SPV Head of Corporate Affairs UangTeman, Roberto Sumabrata menjelaskan, perusahaan telah menambah dua produk yang mendukung masyarakat mendapatkan pinjaman dengan mudah dan cepat.

“Dulu kami cuma memiliki satu produk Payday, yakni dana  pinjaman mencapai Rp 1,5-8 juta. Dua produk ini, yakni Installment dan Life Installment masing-masing mendapatkan dana hingga Rp 10 juta dengan tenor 3 bulan dan Rp 20 juta dengan tenor 6 bulan,” kata Roberto.

Menurut Roberto, dari hasil survei nasabah UangTeman, 31\% dari total nasabah perusahaan menggunakan pinjaman sebagai modal bisnis. Kehadiran fintech lending membuat proses pinjaman dana jadi makin mudah. Persyaratannya dan proses pengajuannya jauh lebih ringkas dan praktis. Bermodalkan aplikasi dalam ponsel pintar, pinjaman dana bisa didapatkan dalam hitungan hari, bahkan jam. Itu sebab, mulai banyak orang yang mengakses fintech lending.

“Tipsnya sangat gampang. Pertama cek dulu ke Otoritas Jasa Keuangan apakah fintech yang mau kita gunakan sudah berizin. Kalau dilihat di aplikasinya di Play Store sangat user friendly. Kita bisa menentukan sendiri pinjaman berapa yang mau kita pinjam dan waktunya berapa lama. Sehingga sangat transparan. Selama data-data pribadi kita itu betul, kita pasti akan bisa diberikan pinjaman oleh UangTeman,” Roberto menuturkan.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)