Ultra Mimi, Berkibar di Segmen Nutrisi Anak

Sanfrandy, Dairy Category Manager PT Ultrajaya Milk Industry Tbk.
Sanfrandy, Dairy Category Manager PT Ultrajaya Milk Industry Tbk.

Produk Ultra Mimi dikembangkan PT Ultrajaya Milk Industry Tbk. untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak berusia 1-6 tahun dan mendukung pertumbuhan alami mereka. Produk ini aktif dipasarkan sejak 2012 dan mulai masuk marketplace pada 2018 melalui official store Ultrajaya. Selain itu, tentu saja, juga didistribusikan melalui pasar konvensional, seperti hypermarket, supermarket, minimarket, grosir, pasar, dan warung.

“Saat ini produk kami dapat dibeli di Tokopedia, Blibli, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan JD.ID. Penjualan terbesar saat ini ada di Tokopedia,” kata Sanfrandy, Dairy Category Manager PT Ultrajaya Milk Industry Tbk. Untuk menggarap pasar e-commerce, pihaknya merekrut dua orang yang khusus mengurusnya. Mereka bekerjasama dengan tim di Bagian Pemasaran, Penjualan, dan Rantai Pasok. “Peran mereka, sebagai evaluator dan inisiator promosi di e-commerce,” katanya.

Menurut Sanfrandy, di setiap marketplace pihaknya memiliki strategi yang berbeda tergantung pada target pasarnya. “Strategi kami untuk tiap marketplace terkadang berbeda. Kami memberikan promo-promo khusus untuk tiap marketplace yang berbeda,” katanya.

Di marketplace, Ultrajaya berhadapan langsung dengan seller lain yang menawarkan berbagai macam promo menarik langsung kepada konsumen, dan konsumen dapat dengan mudah menentukan toko atau gerai mana yang akan dipilih. Yang pasti, pihaknya juga mempergunakan media sosial untuk mempromosikan marketplace Ultra Mimi.

Kini kontribusi e-commerce terhadap total penjualan Ultra Mimi memang masih kecil, di bawah 5%. “Tapi kami yakin, di masa depan, marketplace akan terus dan semakin berkembang melebihi pertumbuhan pasar konvensional,” kata Sanfrandy. Dalam menggarap marketplace, hingga kini pihaknya masih fokus untuk market dalam negeri dan belum akan menyentuh pasar luar negeri. (*)

Sudarmadi & Jeihan Kahfi Barlian

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)