UOB PRVI Miles Bidik Nasabah yang Hobi Wisata

Meningkatnya jumlah orang Indonesia yang melakukan wisata menjadi peluang bisnis yang harus segera disambar. Itulah sebabnya, para penerbit kartu kredit berlomba menawarkan produk baru. Salah sataunya PT Bank UOB Indonesia (UOBI) hari ini meluncurkan kartu kredit terbarunya, UOB PRVI Miles, yang dirancang khusus untuk masyarakat Indonesia yang gemar berwisata. Hal ini sejalan dengan peningkatan transaksi pemegang kartu kredit UOBI di mancanegara.

Dengan penerbitan kartu kredit yang baru ini, menurut Irwan Tisnabudi, Senior VP Business Head Unsecured Business UOB Indonesia, UOBI optimistis dapat mencapai target pertumbuhan bisnis tahun 2016 sebesar 15-20 persen. Jumlah itu sama dengan pencapaian tahun lalu. Saat ini jumlah pemegang kartu kredit UOBI mencapai lebih dari 350 ribu pemegang kartu. Sedangkan total nilai transaksi selama tahun 2015 di atas Rp6 triliun. Untuk market share UOBI di industri kartu kredit Indonesia sekitar 22%.

(kanan jas hitam) Irwan Tisnabudi, Senior VP Business Head Unsecured Business UOB Indonesia (kanan jas hitam) Irwan Tisnabudi, Senior VP Business Head Unsecured Business UOB Indonesia

Berdasarkan data Neraca Pembayaran Indonesia Q1-Q3 tahun 2015, jumlah wisatawan Indonesia yang berpergian ke luar negeri di tahun 2015 mencapai 6,31 juta jiwa atau naik hampir 3 persen dibandingkan tahun 20141. Negara-negara di kawasan Asia masih menjadi tujuan wisata favorit bagi wisatawan Indonesia di mana lima besar negara-negara Asia adalah Singapura (31 persen) disusul dengan Malaysia (25 persen), China (13 persen), Arab Saudi (7,5 persen) dan Thailand (5,9 persen).

Peningkatan jumlah wisatawan Indonesia ke luar negeri juga sejalan dengan peningkatan transaksinya. UOBI mencatat di tahun 2015 transaksi kartu kredit untuk travel dan di luar negeri mencapai lebih dari Rp 800 miliar atau naik 5 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Transaksi di luar negeri banyak dilakukan di merchant-merchant kategori
Fashion (20,7 persen), Kesehatan (13,9 persen), Hotel & Akomodasi (13,1 persen), Ritel (8,5 persen) dan Department Store (8,1 persen).

Puncak transaksi terbesar di luar negeri terjadi di bulan Juni dan Juli, yakni saat libur panjang sekolah dan libur Hari Raya Idul Fitri terjadi bersamaan. Lynn Ramli, Executive Director, Head of Personal Financial Services, UOBI mengatakan , saat ini, orang Indonesia dapat berpergian ke hampir lebih dari 50 negara yang memberikan fasilitas bebas visa ataupun memberikan layanan Visa on Arrival. Peningkatan minat orang Indonesia berwisata juga didukung dengan peningkatan transaksi e-commerce yang memungkinkan mereka untuk melakukan perencanaan liburan mereka seca online.

Peningkatan transaksi online untuk perencanaan liburan ke luar negeri juga dibuktikan dengan meningkatnya transaksi travel dengan kartu kredit UOBI. Di tahun 2015 UOBI mencatat nilai transaksi online untuk travel meningkat 5 persen dibandingkan 2014.

Ellyana Fuad, Presiden Direktur Visa Worldwide Indonesia, mengatakan, berdasarkan riset Visa Global Travel Intention Study, data menunjukkan bahwa 73 persen wisatawan Indonesia memilih menggunakan kartu kredit di tahap booking dan 54 persen akan menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran mereka di berbagai merchant. “UOB PRVI Miles Credit Card ideal bagi wisatawan di mana mereka mendapatkan keamanan dan reliability Visa. Kekuatan jaringan UOB di Asia dan Visa akan memberikan kemudahan layanan finansial yang dibutuhkan saat perjalanan wisatanya,” ujar Ellyana.

Dijelaskan Irwan, UOB PRVI Miles Card memberikan kemudahan bagi pemegang kartu untuk dapat mengumpulkan airline miles secara lebih cepat dan kompetitif. Pemegang kartu mendapatkan satu airline miles untuk setiap transaksi senilai Rp3.500 di luar negeri atau setiap Rp7.000 di Indonesia. Airline miles yang dikumpulkan oleh pemegang kartu dapat ditukar dengan tiket penerbangan gratis dari maskapai-maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia dan
Singapore Airlines.

Pemegang kartu UOB PRVI Miles juga memberikan keistimewaan berupa diskon dengan partners travel online seperti Agoda, Expedia dan PegiPegi.com, diskon di fashion, dining, hotel serta penawaran khusus dari berbagai merchant partner di Singapura, Malaysia dan Thailand. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)