Marketing Trends

Upaya Massindo Mengelola Merek Online dan Offline

Upaya Massindo Mengelola Merek Online dan Offline

Menjaga popularitas merek maupun perusahaan di ranah offline dan online (digital) tidaklah mudah saat ini. Pemain makin piawai menjalankan strategi demi memenangkan persaingan. Namun yang konsisten menjalankan strategilah yang akan memenangkan persaingan. Hal ini dilakukan oleh PT Massindo International (Massindo).

Perusahaan yang dikenal sebagai produsen kasur bermerek Comforta ini tahun ini kembali meraih beberapa penghargaan. Bulan Juni ini Massindo meraih penghargaan Indonesia’s Most Admired Company dalam ajang penghargaan Corporate Image Award di Ballroom Hotel Mulia Jakarta beberapa waktu lalu. Dengan penghargaan ini menunjukkan Massindo berhasil memuaskan pelanggan melalui lima merek andalannya yaitu Comforta, Spring Air, Therapedic, Protect-A-Bed, dan SuperFit.

Sebelumnya, Massindo juga telah meraih berbagai penghargaan antara lain Indonesian Customer Satisfaction Awards (ICSA) tahun 2015 dan 2016, Top Brand Award pada tahun 2015, 2016, dan 2017, The Most Creative Company pada tahun 2016, dan yang terbaru Indonesia Digital Popular Brand Award pada tahun 2017.

Corporate Image Award 2017 diselenggarakan oleh Frontier Consulting Group dan Tempo Media Group melalui survei di 3 (tiga) kota besar Indonesia yakni Jakarta, Surabaya dan Medan dengan total 3.000 responden di 110 kategori industri. Responden meliputi 4 panel, terdiri dari 660 Panel Publik, 1140 Panel Manajemen (responden dengan jabatan minimal Manajer), 1020 Panel Investor, 180 Panel Jurnalis. Survei dilaksanakan dengan cara face-to-face interview pada bulan Maret – April 2017. Adapun survei tersebut dilaksanakan dengan merujuk pada empat parameter yakni Quality, Performance, Responsibility dan Attractiveness untuk memperoleh skor Corporate Image Index (CII).

Massindo juga mendapat penghargaan untuk merek Comforta sebagai Indonesia Digital Popular Brand Award 2017 (IDPBA) untuk kategori spring bed di Hotel Ayana Jakarta. Penghargaan ini menunjukkan Comforta adalah merek paling populer di dunia digital.

Anugrah IDPBA ini membuktikan merek Comforta unggul dalam riset untuk kategori bedding terutama di ranah digital pada survei Indonesia Digital Brand Index 2017 yang diprakarsai oleh Tras N Co Research bersama IMFocus Certified Google Partner. Riset ini dilihat dari popularitas merek di dunia digital berdasarkan tiga metode penilaian yaitu Search Engine Based (40 persen), Social Media Based (40 persen), dan Website Based (20 persen) yang dilakukan dari bulan November 2016 – Januari 2017.

Jeffri Massie, Presiden Direktur Massindo Group, mengatakan penghargaan-penghargaan tersebut di atas menunjukkan popularitas Comforta sebagai merek kasur pilihan di dunia on-line maupun off-line juga merepresentasikan kesiapan dan keunggulan Comforta untuk terus bertumbuh kembang dan bersaing di masa depan.

“Kami mengapresiasi pilihan masyarakat pada merek-merek kami, terutama Comforta sebagai merek spring bed pilihan” ujarnya. Ia melanjutkan pesatnya perkembangan teknologi dan dunia internet, saluran digital juga turut menjadi bagian penting bagi Comforta dalam menjalin interaksi dengan pelanggannya. Untuk itu, Comforta selalu berupaya aktif membangun ‘engagement’ dengan para pelanggannya dan netizen melalui semua channel media sosial.

Tambahan lagi, untuk mengukuhkan diri populer di offline juga, pihaknya serius membangun kanal-kanal distribusi yang dapat membuat konsumen nyaman. Sejak 2008 Massindo membangun SleepCenter di Pluit Village. “Namun, dengan tingginya animo masyarakat yang sangat baik, maka kami mengembangkan lagi ke tempat yang lebih luas, agar dapat lebih baik melayani para pelanggan kami. Penambahan display produk juga dilakukan dengan tujuan agar konsumen mendapatkan lebih banyak pilihan produk,” jelas Jeffri.

Selain menyediakan tempat yang nyaman untuk berbelanja di SleepCenter, pelanggan juga dimudahkan dengan kehadiran Sleep Consultant terlatih untuk memahami kasur yang tepat bagi mereka. Hal ini tentu memberikan pengalaman lebih pada pelanggan yang datang.

Dengan konsep One Sto Shopping, showroom ini menyediakan berbagai jenis tipe kasur bisa mulai dari tipe yang ekonomis hingga yang premium. “Semua produk-produk yang tersedia di SleepCenter berstandar Internasional, mulai dari SPRING AIR, kasur premium dari USA untuk para Succesful families. Therapedic, kasur bertema affordable premium bergaya minimalis modern yang sangat cocok untuk konsumen Young Succesful families. Comforta, kasur merk Indonesia yang paling top dan paling terpercaya di Indonesia dan Protect-A-Bed untuk melindungi Anda dan juga semua kasur Anda dari debu, air dan tungau,” paparnya.

SleepCenter diklaim memiliki kelebihan menyediakan kasur dengan fitur SmartComfort dari Spring Air. Kasur ini mengerti keunikan dari setiap konsumen yang datang dan bisa dengan mudah diadaptasikan dengan perubahan yang terjadi dengan tubuh konsumen. “Kasur Spring Air dengan tipe SmartComfort ini memiliki hingga 16 variasi tingkat kenyamanan, sehingga konsumen tidak akan pernah salah lagi dalam membeli kasur,” kata Budi Kusmawardi, Regional Director of Massindo Group wilayah Indonesia Barat.

Saat ini, SleepCenter sudah melayani konsumen di berbagai wilayah di Indonesia, di antaranya di Jakarta, berada di Central Park Mall, Plaza Semanggi, Lippo Mall Kemang, Pluit Village, Baywalk Mall Green Bay Pluit, dan Taman Anggrek Mall.

Dikatakan Budi tahun ini Massindo akan mulai menjalankan sistem licencing untuk SleepCenter yang ada agar popularitas merek-merek dibawah Massindo kiat kuat secara offline di masa depan. Saat ini ada sekitar 20 SleepCenter di berbagai kota di Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved