Upaya Tokobagus.com Memperkuat Posisi sebagai Pemimpin Pasar Online Classified

Tokobagus.com sebagai salah satu pasar online classified terbesar di Indonesia dengan jumlah iklan baru lebih dari 50.000 setiap hari, berencana untuk memantapkan posisinya dengan fokus pada jual beli consumer-to-consumer (C2C) tahun depan.

Iklan pada kategori mobil, sepeda motor, dan properti selama ini telah menduduki posisi yang sangat kuat di Tokobagus.com dengan mendatangkan jutaan pengunjung setiap bulan.

tokobagus.com

Saat ini, Tokobagus.com menyasar produk barang bekas kebutuhan sehari-hari sebagai strategi utama. Para pengguna internet di seluruh Indonesia dapat menjual handphone, furnitur, alat rumah tangga, bahkan mainan anak dan baju yang tidak diperlukan lagi di Tokobagus.com. Sementara itu, pembeli dapat memperoleh harga yang relatif lebih murah dengan membeli barang bekas dengan kondisi masih bagus dari penjual individu di kota mereka. Semua layanan ditawarkan kepada pengguna secara gratis.

Managing Director Tokobagus.com, Michal Klar mengatakan, ”Kami sangat senang dapat menyediakan fasilitas jual beli barang bekas layak pakai kepada seluruh masyarakat Indonesia. Di tahun depan, kami mengharapkan lebih banyak masyarakat - dalam hal ini, pengguna individu - menggunakan Tokobagus.com sebagai sarana untuk menjual dan membeli barang bekas layak pakai.”

Untuk mendukung strategi yang fokus pada C2C ini, Tokobagus.com melakukan beberapa strategi di antaranya kampanye TV, merubah logo dan tagline, serta berencana meningkatkan sejumlah layanan di situsnya.

Toko Bagus-OK

Seluruh materi iklan TV terbaru yang diluncurkan mengikuti jejak kesuksesan kampanye sebelumnya yang dinilai sukses dan mendapat sambutan positif dari masyarakat. Iklan TV tersebut ditampilkan secara sederhana, singkat, dan unik, serta menggambarkan sebuahkesempatan -untuk menghasilkan uang dengan menjual barang yang tidak diperlukan lagi.

Bagi Tokobagus.com, kampanye melalui TV merupakan platform yang tepat untuk memperkenalkan konsep online classified bagi pengguna baru. Untuk itu, Tokobagus.com akan terus berinvestasi secara agresif untuk memanfaatkan medium ini, seiring dengan pemasaran online dan kegiatan-kegiatan pendukung lainnya.

Adapun tagline baru Cara Tepat Jual Cepat” diharapkan mampu mencerminkan mudahnya memasang iklan dan cepatnya barang laku atau terjual. Sementara itu, logo baru tetap mempertahankan warna merah yang merupakan ciri khas Tokobagus.com. Dengan perubahan logo dan tagline ini diharapkan akan memperjelas posisi Tokobagus.com sebagai penyedia layanan jual beli consumer-to-consumer, terutama bagi pengguna baru.

Untuk memberikan kemudahan jual beli barang bekas, Tokobagus.com merancang sejumlah perubahan untuk memfasilitasi para pemasang iklan individu, termasuk di antaranya adalah memberikan prioritas listing. Berbagai peningkatan fasilitas tersebut akan terfokus pada layanan akses melalui handphone (mobile) yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia saat ini.

Chief Operating Officer Tokobagus.com, Alif Priyono optimis, Tokobagus.com akan terus berkembang dan dapat menempati peringkat ke-empat atau ke-lima terbesar online classified di dunia. Optimisme ini bukan tanpa dasar. Menurut Arif, Pada bulan Juli yang lalu, kami merayakan milestone baru, dimana jumlah page view Tokobagus.com melampaui 1 miliar per bulan. Sejak saat itu, kami terus tumbuh dengan sangat cepat, bahkan melampaui perkiraan target dan saat ini kita sudah mendekati milestone berikutnya. Kami juga sangat senang melihat user engagement yang sangat tinggi yang digambarkan oleh page view/ visit rata-rata lebih dari 25 halamanper kunjungan. Pencapaian ini menempatkan kami dalam posisi lima besar di antara para pemain onlineclassified di negara-negara berkembang.

Lebih lanjut, Alif mengungkapkan, pihaknya ingin Tokobagus.com mampu bersaing dengan online classified dari negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Eropa Barat. “Kami ingin Indonesia diperhitungkan di mata dunia. Tokobagus.com pasti bisa,” ujarnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)