Marketing zkumparan

Upaya Uni-Charm Menjaga Market Share Popok Dewasa

Upaya Uni-Charm Menjaga Market Share Popok Dewasa

Tingkat populasi lansia di Indonesia, semakin bertambah begitu juga dengan peningkatan kebutuhan popok dewasa. Maraknya produk popok dewasa memiliki kemasan yang sulit untuk membukanya. Dikarenakan seiring dengan bertambahnya umur, semakin tua usia seseorang, kekuatan genggaman tangannya semakin melemah.

PT Uni-Charm Indonesia Tbk dengan market share kategori popok dewasa lebih dari 40% mengeluarkan produk popok dewasa yang kemasannya lebih mudah dibuka, demi mengurangi beban saat membuka kemasan sebesar 50% dibanding produk terdahulu. Pada dasarnya produk popok dewasa Lifree & Certainty dirancang dengan teknologi Jepang dengan menggunakan lapisan yang bersahabat untuk kulit dan memiliki sirkulasi udara yang baik dalam mengurangi rasa lembab, sehingga terciptanya kenyamanan dan keamanan bagi lansia.

Ada pula beberapa fungsi utama adalah tidak bocor dan kenyamanan, namun berdasarkan hasil riset internal Uni-Charm Indonesia, diketahui bahwa kemasan produk Lifree & Certainty sulit disobek, sehingga membukanya dengan gunting, bukan dengan tangan, sudah menjadi suatu hal yang lumrah. Karena bagian pembukanya sempit, sehingga produk dari dalam kemasan tidak dapat diambil dengan mudah karena tersangkut pada kemasan.

Untuk mengatasi masalah ini, Uni-Charm Indonesia mengeluarkan popok dewasa dengan kemasan baru yang lebih mudah dibuka. Yuji Ishii selaku Presiden Direktur Uni-Charm Indonesia menyampaikan, dengan mengubah letak posisi pembuka pada kemasan baru, kemasan menjadi lebih mudah dibawa tanpa takut tersobek, sehingga orang dengan kekuatan genggaman tangan yang lemah pun dapat menyobek kemasan dengan mudah, dan mengurangi waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk membuka kemasan hingga lebih dari 50%.

“Karena kemasan mudah disobek, dengan membuka bagian atas secara maksimal hingga 70%, maka setiap lembar popoknya dapat diambil dengan mudah, dan akan mempermudah proses pergantian popok. Saat ini kami telah menyelesaikan proses permohonan hak paten terhadap kemasan baru ini, baik di Jepang dan di Indonesia,” ungkapnya.

Agar lebih mudah dipahami dalam membuka kemasan, juga dilengkapi petunjuk pada kemasan terbaru Lifree & Certainty. Ada pula tambahan sedikit detail pada kemasan berbentuk garis putus-putus sebagai petunjuk untuk membuka kemasan lebih praktis tanpa menggunakan alat apapun. Selain itu bahan yang digunakan pada kemasan ini sangat mudah untuk digenggam dan disobek bagi orang-orang yang memiliki kekuatan genggaman yang kurang bertenaga, karena 70% bagian atas kemasan adalah bagian pembuka, sehingga lebih mudah mengambil popok dari dalam kemasan tanpa tersangkut.

Untuk memudahkan para pengguna Lifree & Certainty, disarankan pemakaian dengan memilih ukuran popok dewasa yang sesuai dengan lebar pinggang demi menghindari ruam pada kulit. Apabila popok terasa penuh, segera lakukan penggantian. Kemudian pastikan untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel pada kulit untuk mencegah iritasi.

Menurutnya, Uni-Charm tidak lepas dari sertifikasi penggunaan sumber daya hutan secara berkelanjutan, membuktikan bahwa produk ini turut berkontribusi pada perwujudan target SDGs ke 15 konservasi ekosistem. Dari 17 target SDG’s Sustainable Development Goal) yang dicanangkan, melalui kegiatan ini perusahaan berupaya untuk berkontribusi pada target No.3 ‘Memastikan kehidupan yang sehat bagi masyarakat di semua usia’. Serta dengan salah satu unsur slogan Ethical Living for SDG’s yaitu ‘hubungan antar manusia, antara perawat dan yang dirawat’, untuk ke depannya melalui kegiatan bisnis perusahaan dengan menyediakan produk dan pelayanan.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved