User Experience Jadi Kunci Utama 3M Pasarkan Scotch-Brite

Untuk memenangkan persaingan dalam memasarkan produk pembersih rumah tangga Scotch-Brite, PT 3M Indonesia berupaya memberikan pengalaman kepada konsumen terhadap berbagai produk Scotch-Brite yang diklaim sebagai produk inovatif.

Alfia Wardah, Division Head Home Care Division Consumer Business PT 3M Indonesia (paling kiri); Donna Agnesia (kedua dari kiri); Yunadi Aulia Desmawan Brand Manager Scotch Brite dalam Konferensi Pers Kampanye "Rumah Bersih Terawat" yang diadakan PT 3M Indonesia di Jakarta, pada Kamis (18/4)

“Produk kami merupakan produk yang inovatif. Jadi hal pertama yang harus kami lakukan adalah memberikan experience kepada konsumen. Product trial merupakan kunci penting dalam memasarkan Scotch-Brite,” terang Alfia Wardah, Division Head Home Care Division Consumer Business PT 3M Indonesia di sela konferensi pers tentang kampanye “Rumah Bersih Terawat” dengan program “Tantang Donna Ciptakan Rumah Bersih Terawat”.

Dalam upaya memberikan pengalaman mencoba produk Scotch-Brite kepada konsumen, 3M Indonesia biasa melakukannya di pusat-pusat perbelanjaan (modern store) agar konsumen bisa langsung mencoba keunggulan produk Scotch-Brite melalui arahan agen representatif di lapangan.

Selain itu, pihaknya juga melakukan roadshow dan talkshow ke beberapa kota untuk memasarkan produk melalui kampanye “Rumah Bersih dan Terawat” dengan program “Tantang Donna Ciptakan Rumah Bersih Terawat”. Untuk 2013 ini, 3M Indonesia melakukan roadshow dan talkshow ke enam kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Medan, lebih banyak dibanding kampanye tahun lalu yang hanya dilakukan di tiga kota besar saja.

Program yang diadakan sejak 1 April hingga 31 Agustus 2013 ini mengajak keluarga Indonesia membiasakan membersihkan rumah menggunakan alat pembersih yang tepat. Selain itu, konsumen dapat mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dengan mengirimkan kemasan produk Scotch-Brite di mana pemenang utama yang mendapat poin paling banyak akan mendapat hadiah umroh gratis dan kunjungan Donna Agnesia untuk membersihkan rumahnya.

Dikatakan Alfia, kampanye ini dilakukan sebagai cara untuk melakukan edukasi terhadap konsumen mengenai bagaimana membuat rumah menjadi bersih dan terawat melalui pemilihan alat pembersih yang sesuai dengan fungsi dan kontekstual dengan masing-masing ruangan dalam rumah. “Misalnya untuk lap rumah. Sebaiknya tiap ruangan memiliki lap pembersih sendiri. Lap untuk dapur jangan digunakan untuk membersihkan ruangan lain. Bukannya membersihkan, hal itu malah akan memindahkan bakteri atau kuman dari satu ruangan ke ruangan lain,” jelas Alfia singkat.

Kampanye “Rumah Bersih Terawat” tahun ini merupakan kelanjutan dari kampanye serupa tahun lalu. Alfia menilai program kampanye yang dilakukannya itu cukup efektif dalam mengedukasi konsumen ibu-ibu. “Saya cukup terkejut dengan hasil kampanye tahun lalu karena animo ibu-ibu luar biasa. Ibu-ibu itu merasa teredukasi, mendapat pengetahuan yang baru tentang bagaimana pentingnya menciptakan kondisi rumah yang bersih terawat,” terangnya.

Alfia mengakui kompetitor utama Scotch-Brite ialah merek lokal dan produk non-branded. Dengan kampanye ini Alfia juga berharap konsumen yang sebelumnya tidak menggunakan produk Scotch-Brite, dapat beralih menggunakannya. (EVA)

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)