Volvo Luncurkan Truk Bertenaga Gas

Volvo Trucks memperluas variannya di Eropa dengan meluncurkan versi terbaru Volvo FE yang sepenuhnya menggunakan bahan bakar gas metana. Volvo FE CNG (Compressed Natural Gas) telah dikembangkan khususnya untuk operasi yang melibatkan siklus mengemudi dengan proses start dan stop yang berulang, seperti pengumpulan sampah dan distribusi lokal. Truk terbaru ini dilengkapi dengan mesin 9-liter Euro 6 bertenaga gas yang mempunyai teknologi busi baru dan transmisi otomatis.

0934104001389090944l

"Dengan Volvo FE CNG sekarang kami dapat menawarkan ke perusahaan yang banyak beroperasi di lingkungan perkotaan. Truk ini memiliki dampak lingkungan yang jauh lebih rendah. Banyak kota di dunia yang kini sedang mencari alternatif untuk truk diesel. Dalam bidang penanganan sampah secara khusus, bahan bakar terbaru akan menjadi hal yang banyak disyaratkan untuk mendapatkan kontrak pembelian," ujar Christina Eriksson, Business Manager Alternative Drivelines Volvo Trucks.

Gas metana yang digunakan ini tidak berbau saat pembakaran dengan partikel berbahaya berkadar sangat rendah. Jika metana adalah biogas, dengan kata lain kandungan berdasarkan bahan organik, emisi karbondioksidanya lebih rendah hingga 70 persen dibanding truk diesel. Truk Volvo FE CNG ini didukung oleh mesin 9-liter Euro 6 dengan teknologi busi baru yang menghasilkan 320 hp dan 1356 Nm torsi. "Teknologi busi sangat cocok untuk siklus mengemudi truk jarak pendek dengan lalu lintas yang banyak start-stop," jelas Christina.

Berkat transmisi otomatis penuh, truk ini dapat mempertahankan kemudahan berkendara dan produktivitas yang sangat baik yang merupakan ciri khas konvensional Volvo FE. Transmisi otomatis juga memberikan respon yang lebih cepat bagi semua komponen truk ini.

"Gas metana adalah bahan bakar alternatif bagi diesel yang ramah lingkungan untuk jangka panjang. Saat ini fokus kami adalah menggalang kerja sama dengan berbagai otoritas publik dan perusahaan swasta untuk menyusun aturan yang relevan dan menciptakan prakondisi yang tepat untuk perkembangan yang lebih positif," kata Lars MÃ¥rtensson, Environmental Director Volvo Trucks.

Penjualan truk Volvo FE CNG baru ini mulai dilakukan di Eropa pada bulan Agustus, dengan produksi bertahap yang akan dimulai pada awal tahun 2015.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)