Wah, Klaim Asuransi Mobil Kini Bisa Lewat Ponsel

Biasanya, jika nasabah asuransi mobil hendak melakukan klaim, mereka harus menuju ke pusat pelayanan asuransi mobil tersebut yang terdekat. Namun, di tengah kesibukan dan kemacetan di kota-kota besar yang semakin menjadi-jadi, tentu hal itu semakin dirasakan tidak praktis. Nah, Adira Insurance nampaknya mampu menangkap ‘kegelisahan’ para peserta asuransi mobil.

Asuransi mobil Adira dengan merek Autocillin telah melakukan terobosan dengan memungkinkan pelanggannya untuk melakukan klaim hanya melalui ponsel pintar berbasis iOS maupun Android dengan menggunakan aplikasi Autocillin Mobile Claim Application. “Kami berharap, dengan penyempurnaan dan peningkatan kualitas Autocillin Mobile Claim Application ini, para pelanggan dapat lebih mudah dan nyaman dalam melakukan klaim terhadap kerusakan mobilnya,” ujar Tanny Megah Lestari, Business Support Division Head Adira Insurance dalam rilisnya.

Melalui aplikasi ini, pelanggan dapat melakukan klaim dengan hanya mengisi laporan kronologis kejadian kerusakan, melakukan foto kerusakan kendaraan, isi data pribadi dan data kendaraan, pilih bengkel dan waktu kendaraan pelanggan untuk masuk bengkel, submit, dan nomor tiket pelaporan akan dikirimkan ke email Pelanggan serta akan masuk ke inbox yang terdapat di aplikasi ini.

Nomor tiket pelaporan ini berfungsi untuk melacak progress pengajuan klaim para pelanggan melalui fitur track claim. Di fitur ini, pelanggan akan mendapatkan notifikasi yang dikirimkan ke smartphone para pelanggan maupun inbox email pelanggan jika kendaraan sedang dikerjakan dan apabila kendaraan telah selesai dikerjakan.

adira

"Dengan melapor klaim menggunakan Autocillin Mobile Claim Application, Pelanggan tidak perlu dijadwalkan survei, tidak perlu fotokopi dokumen, dan tidak perlu isi form tertulis lagi," katanya.

Pada tampilan awal, aplikasi ini telah memiliki berbagai fitur lainnya selain melakukan klaim yaitu untuk mengetahui keberadaan bengkel rekanan Autocillin, simulasi rate premi mobil pelanggan, dan emergency contact yang langsung dapat menghubungkan pelanggan dengan nomor call center dan email Adira Care, polisi, pemadam kebakaran, serta ambulans.

Pada tampilan baru ini, Pelanggan dapat menemukan beberapa fungsi lainnya seperti fitur panic button yang dapat digunakan ketika Anda atau mobil Anda berada dalam keadaan darurat lantas secara otomatis lokasi GPS Pelanggan akan terkirim melalui email ke tim rescue Autocillin. Pelanggan juga akan menemukan fitur document reminder yang dapat digunakan sebagai reminder para pelanggan terkait progress pengajuan klaim yang telah dilakukan.

Fitur lainnya dari tampilan baru ini yaitu find my car, sebuah fitur GPS yang digunakan untuk melihat lokasi mobil Pelanggan yang telah diparkir sebelumnya. Melalui aplikasi dengan tampilan baru ini, Pelanggan juga dapat melihat lokasi-lokasi klaim Autocillin yang tersebar di beberapa wilayah. Aplikasi ini juga menghubungkan para Pelanggan dengan social media Autocillin.

Antusiasme pelanggan terhadap aplikasi ini terlihat dari peningkatan jumlah pengunduh per akhir Februari 2016 yang meningkat sebesar 650% dari total pengunduh bulan Februari tahun 2015. Selain itu, tidak hanya jumlah pengunduh yang meningkat, masih dalam periode yang sama, peningkatan jumlah Pelanggan yang mengakses aplikasi ini pun juga turut meningkat sebanyak enam kali lipat. “Peningkatan signifikan ini menandakan bahwa adanya respon positif dari pelanggan terhadap Autocillin Mobile Claim,” pungkas Tanny.

Eddy Dwinanto Iskandar

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)