Wajah Baru OLX Pasang Target 2 Juta Pengguna Aktif

Situs e-commerce OLX memperbaharui penampilan aplikasi Android dengan menonjolkan konsep lebih dekat, lebih sederhana, C2C dan lebih terpercaya. Daniel Tumiwa, CEO OLX Indonesia, menjelaskan, konsep-konsep tersebut dikembangkan OLX berdasarkan pengamatannya terhadap masyarakat mobile yang terus berubah perilakunya dalam belanja online.

OLX membuat tampilan halaman muka yang lebih sederhana dan penuh dengan visual. Halaman muka tersebut juga dibuat dengan konsep hyperlocal, di mana barang yang ditampilkan adalah barang-barang terdekat yang dijual di sekitar pengguna. Dengan demikian para pengguna dapat bertransaksi dengan lebih praktis, karena tidak perlu pergi terlalu jauh untuk melakukan cash on delivery (CoD).

Selama 11 tahun ini, pengguna OLX didominasi oleh kaum pria berumur 30 tahun ke atas. Berlawanan dengan masyarakat mobile yang treasure hunter, para pengguna OLX tersebut adalah mission seeker, yang tidak membeli barang secara impulsif. Kelompok ini masuk ke OLX dengan misi yang sangat jelas, yaitu menemukan dan membeli motor, mobil, atau gadget merek tertentu.

“Pertengahan tahun lalu, kami memutuskan untuk berubah karena iklan baris online yang mengharuskan pengguna menentukan dulu barang yang dicari, sudah tidak lagi relevan di era millenial,” ujar Daniel.

Menurut Daniel, belakangan model iklan baris mulai tidak dipahami oleh masyarakat mobile, terutama generasi millenial. Banyaknya jenis e-commerce yang bermunculan, membuat pemahaman mengenai jenis e-commerce tidak dipahami oleh masyarakat. “Mereka hanya mengetahui istilah e-commerce atau toko online, padahal fungsi platform, tipe penjual dan model bisnisnya berbeda satu sama lain,” ujarnya.

Maka dengan tampilan baru ini, Daniel mengungkapkan, OLX dapat diterima lebih luas lagi terutama kalangan millenials dan kaum wanita, karena sebelumnya transaksi dalam platform ini lebih didominasi oleh kaum pria.

“Kami melihat potensi pengguna mobile sekitar 70 juta, kami inginnya potensi itu bisa masuk ke kami termasuk milenials dan kaum wanitanya,” ujar Daniel. Dengan perubahan ini, pihaknya harus kejar minimal 2 juta pengguna aktif per hari, naik dari tahun lalu yang hanya 1 juta per hari.

Editor: Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)