Wakuliner Tawarkan All In One Solution Kuliner

Saat ini, tingginya penetrasi Internet dan pengguna smartphone di Indonesia membuka pintu bisnis online seperti kehadiran pemain ecommerce marketplace yang semakin menjamur di Tanah Air.

Namun, sampai hari ini belum ada marketplace khusus untuk produk dan layanan kuliner. Padahal, kuliner khas Indonesia begitu dikenal dunia. Hal ini tentunya menjadi peluang bisnis yang besar, karena kuliner merupakan kebutuhan primer masyarakat sehari – hari. Wakuliner merupakan singkatan dari Wadah Kuliner yang menyediakan beragam jenis produk dan layanan kuliner yang dapat diakses melalui aplikasi smartphone dengan sistem Android maupun iOS.

Anthony Gunawan, CEO dan Founder Wakuliner

Wakuliner didirikan sejak Januari 2016. Kemudian, Januari 2017, Wakuliner melakukan test promo pertama tanpa launching untuk mengukur kemampuan sistem dan aplikasi. Pada Juni 2017, Wakuliner siap diakses dan digunakan secara massal.  Dana investasi yang dikeluarkan oleh founder sendiri berkisar Rp 2 miliar. Ide dari membangun Wakuliner ini adalah karena pengalaman pribadi yang mengalami kesulitan untuk memesan makanan ketika harus berpindah – pindah kota, karena harus mengunduh berbagai macam aplikasi.

“Untuk menghadapi persaingan yang begitu massif,saat ini Wakuliner memperhatikan empat hal yaitu customer service, produk yang baik, delivery yang oke, dan harga yang kompetitif serta promosi. Kami yakin dengan begitu banyak nilai tambah setidaknya masyarakat mau untuk mencoba terlebih dahulu,” ungkap Anthony, CEO dan Founder Wakuliner.

Fitur – fitur yang disiapkan untuk mempermudah masyarakat menikmati masakan Nusantara seperti, Waku-Antar, Waku-Wiku, Waku-Katering. Setiap fitur yang disediakan memiliki fungsi yang unik. Untuk meminimalisir terjadinya miss communication, Wakuliner membuat call center “365 hari dalam setahun”. Saat ini sudah sekitar 3.600 merchant atau penjual yang tersebar di 60 kota, di antaranya Jabodetabek, Bandung, Bali, Surabaya, Palembang hingga Makassar. Wakuliner menargetkan ke depannya dapat bekerja sama dengan 10.000 penjual atau merchant dengan harapan lebih banyak lagi dari UMKM, karena itulah yang menjadi fokus dari Wakuliner. Para merchant atau penjual dapat memilih waktu untuk mereka berjualan.

Untuk sistem pembayaran di Wakuliner, saat ini tersedia pilihan bayar tunai ( COD ), bank transfer, kartu kredit, dan metode – metode pembayaran lainnya. Wakuliner juga melakukan kerja sama dengan JNE untuk melakukan pengiriman barang ke seluruh Indonesia.

Wakuliner tidak hanya menyediakan satu fitur layanan kuliner saja. Ada pesan – antar makanan panas yang dapat segera dinikmati, ada juga pesan - antar snack dan oleh – oleh dari atau ke 60 kota. Selain itu juga ada info wisata kuliner legendaris yang terhubung langsung ke peta sehingga sangat efisien dan akurat, serta fitur katering dan banyak lagi fitur yang akan datang.

Editor: Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)