Wow, Pertamina Turunkan Avtur di Bandara Soetta 5,23 Persen

Mulai 1 Oktober 2015, PT Pertamina (Persero) menurunkan harga avtur di Bandar Udara Soekarno Hatta sebesar 5,23 persen.  “Harga sebelumnya 45,9 sen dolar per liter, turun menjadi 44,1 sen dolar per liter,” katan Kepala Humas  Pertamina  Wianda Pusponegoro di Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Rabu, 30 September 2015.

Kantor Pertamina (Persero) (Foto: IST) Kantor Pertamina (Persero) (Foto: IST)

Menurut Wianda, penurunan harga avtur di Bandara Soekarno Hatta adalah langkah awal untuk menyesuaikan harga avtur di Indonesia. “Kita harus bisa mendapatkan proporsi untuk menurunkan harga tersebut.”

Wianda mengungkapkan pada dasarnya harga avtur di pasar global saat ini mengalami kenaikan yang  berimbas pada kenaikan harga avtur di lokasi-lokasi lain. “Secara nasional avtur  naik sebanyak 1,31 persen,” ujar dia.

Namun, katanya, Pertamina melakukan langkah-langkah efisiensi yang lebih kuat untuk memastikan harga avtur di Bandar Udara Soekarno-Hatta dapat ditekan. Hal ini dikarenakan di bandara tersebut melayani lebih dari 40 persen kebutuhan avtur nasional.

Dua langkah utama yang dilakukan Pertamina, kata Wianda, meliputi penggunaan vessel lebih besar sehingga shipping cost dapat lebih efisien. Selain itu, Pertamina juga melakukan optimasi inventory untuk ketahanan stok avtur di Bandara Soekarno-Hatta sehingga biaya inventory menjadi lebih rendah.
Tempo.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)