XL Axiata, Mengedepankan Program Pemasaran Berbasis Consumer Centric

David Arcelus Oses, Direktur Commerce PT XL Axiata Tbk.
David Arcelus Oses, Direktur Commerce PT XL Axiata Tbk.

XL Axiata merupakan perusahaan yang fokus pada pelanggan (consumer centric). Strategi bisnisnya selalu mengedepankan kebutuhan pelanggan. Dengan selalu melihat dinamika pasar dan kondisi terkini di masyarakat, XL Axiata menyiapkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Seperti yang terjadi sekarang. XL Axiata melihat dampak pandemi Covid-19 terhadap cara bekerja, cara belajar, serta cara mendapatkan informasi dan layanan pelanggan. Berangkat dari analisis situasi di lapangan itulah, XL Axiata berusaha menyediakan kemudahan layanan koneksi internet yang stabil, produk yang sesuai, dan layanan berbasis digital yang mumpuni. Semua itu untuk mendukung aktivitas pelanggan bekerja dan belajar dari rumah.

Untuk mengidentifikasi berbagai kesulitan yang dialami pelanggan, XL Axiata berusaha mendengarkan suara mereka melalui berbagai sumber informasi. Misalnya, melalui masukan dan keluhan yang disampaikan pelanggan, juga melalui survei kepada pelanggan. “Kami bisa dengan cepat mengidentifikasi kebutuhan akan koneksi internet yang stabil, produk yang sesuai, dan layanan berbasis digital untuk mendukung mereka bekerja dan belajar dari rumah,” ucap David Arcelus Oses, Direktur Commerce PT XL Axiata Tbk.

Semua itu merupakan bagian dari program empathic marketing yang dijalankan perusahaan ini. “Program pemasaran empati telah kami lakukan sejak awal pandemi Covid-19, di mana kami melihat adanya kebutuhan layanan data/internet yang meningkat karena semakin menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar konsumen,” Davidmenjelaskan.

Program empathic marketing ini diyakininya dapat meningkatkan loyalitas dan engagement pelanggan di saat senang dan susah. “Kami percaya bahwa kekuatan merek kami sangat ditentukan oleh relevansi merek tersebut di benak pelanggan. Maka, dengan terus berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan dengan koneksi internet yang stabil, produk yang sesuai kebutuhan, dan layanan yang sigap dan andal, kami percaya loyalitas pelanggan akan terjaga,” katanya.

Sejatinya, XL Axiata sudah banyak melakukan program yang mendukung pelanggan agar bisa lebih efektif melakukan pekerjaan dan belajar, baik di rumah maupun di sekolah/tempat bekerja. Sebagai contoh, XL meluncurkan XL Xtra Unlimited Turbo yang memberikan kuota unlimited untuk aplikasi-aplikasi yang penting dan paling diminati konsumen.

Selain itu, XL Prioritas dan Axis bekerjasama dengan platform belajar online seperti Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Rumah Belajar. Ada pula program Gerakan Donasi Kuota: setiap kali pelanggan membeli paket layanan data, XL Axiata mengalokasikan jumlah tertentu kuota data untuk dikumpulkan dan disalurkan dalam bentuk donasi kuota ke sekolah-sekolah yang membutuhkan.

Bagi mereka yang belum menjadi pelanggan, XL Axiata memberikan kemudahan pembelian kartu perdana secara online dengan gratis ongkos kirim. XL Home juga menawarkan promo untuk pelanggan. Perusahaan ini memberikan pula kesempatan bagi pelanggan untuk dapat turut serta berdonasi alat pelindung diri (APD) melalui aplikasi myXL.

Jadi, David memastikan, program pemasaran XL Axiata akan selalu consumer centric sehingga bisa digolongkan sebagai program pemasaran yang berempati kepada pelanggan. “Apalagi khusus selama pandemi ini, kami akan lebih fokus lagi pada kebutuhan pelanggan. Bahkan jika pandemi ini sudah berakhir, kami akan terus melakukan kegiatan pemasaran yang berempati pada kebutuhan pelanggan, sesuai dengan kondisi di masa depan,” ungkapnya. (*)

Dede Suryadi dan Herning Banirestu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)