ZTE Raup 100% Pangsa Pasar Next Generation PON

ZTE Corporation, penyedia perangkat telekomunikasi dan solusi-solusi jaringan memegang pangsa pasar 100% penjualan peralatan Next-Generation PON (NG PON) di kuartal ketiga 2011. Tak hanya itu, ZTE menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di dunia yang menjual peralatan OLT dan ONT/ONU pada kuartal tersebut.

“Pada Q3 2011, ZTE melaporkan penjualan pertama di dunia untuk peralatan 10G-EPON, yang sekaligus menandai dimulainya jaman Next-Generation PON,” kata analis OVUM, Kamalini Ganguly dalam laporan pangsa pasar FTTx per kuartal Q3 2011. “Itu juga merupakan tonggak bersejarah dalam usaha kita menuju kapasitas bandwidth yang lebih tinggi lagi.” Di Indonesia, teknologi G PON sudah diterapkan sejak tahun 2010 untuk meningkatkan kapasitas bandwidth jaringan backhaul yang dimiliki oleh salah satu operator telekomunikasi untuk memenuhi kebutuhan para pelanggannya akan akses Internet berkecepatan tinggi, IP TV dan game on-line.

“Pencapaian kami dalam teknologi PON adalah bukti dari usaha keras yang dilakukan oleh R&D ZTE selama beberapa tahun terakhir,” kata Vice President ZTE, Xu Ming. “Kami sangat bangga akan fakta bahwa solusi NG PON semakin mengedepankan posisi kami dalam bidang ini,” tambahnya lagi. Produk akses optik xPON dari ZTE sudah sangat luas penggunaannya, mencapai 93 juta saluran dan lebih dari 47 juta portal broadband yang sudah dipasang di seluruh dunia. Pada akhir tahun 2011, ZTE memenangkan hak selama tiga tahun dari Program 863 di Cina untuk memimpin grup dari beberapa institusi dalam meriset akses jaringan optis dan evolusi teknologi.

ZTE juga merupakan pemimpin industri dalam bidang NG PON2. Perusahaan ini merupakan vendor pertama yang meluncurkan sistem WDM PON berbasis laser yang bisa diatur, pada bulan Maret 2009, dan mengembangkan pesawat pancarima ONU yang tidak berwarna dan bisa disesuaikan serta terarah pada teknologi TWDM, untuk yang pertama kalinya dalam industri telekomunikasi. Perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Shenzen, China ini juga berkontribusi aktif dalam menciptakan standar akses optis dan mengajukan proposal mengenai XG-PON dan NG-PON2 terbanyak kepada FSAN sepanjang tahun 2008 sampai 2010.

ZTE adalah perusahaan penyedia perangkat telekomunikasi dan solusi-solusi jaringan dengan rangkaian produk mencakup seluruh sektor secara virtual dari wireline, wireless, layanan dan pasar terminal. Perusahaan ini mengantarkan produk-produk dan layanan-layanan yang inovatif, dibuat sesuai permintaan ke lebih dari 500 operator di lebih dari 140 negara. Pendapatan ZTE pada tahun 2010 memimpin industri dengan kenaikan sebesar 21% hingga US$ 10.609 miliar. ZTE berkomitmen untuk mengalokasikan 10% dari pendapatannya untuk penelitian dan pengembangan. ZTE merupakan anggota dari UN Global Compact. ZTE adalah satu-satunya perusahaan manufaktur telekomunikasi dari China yang tercatat di bursa saham, dengan saham yang terdaftar baik di Hong Kong dan Shenzhen Stock Exchanges.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)