Masima Radio Network Ajak Pendengar Happy Saat Pandemi Covid-19

Bahagia (happy) menjadi salah satu satu kunci untuk menjaga kesehatan jiwa dan tubuh selama masa sulit pandemi Covid-19 merebak. Dengan segala tantangan dan keterbatasan yang ada saat ini, apakah masih dapat mewujudkan bahagia dalam hidup sehari-hari? Bahagia seringkali harus diupayakan, dengan berbagai cara yang dapat menjaga pikiran kita tetap positif dan optimistis.

Merespons kondisi itu, Masima Radio Network memahami bahwa situasi yang gembira mampu menciptakan kebahagiaan bagi pendengar dan memberikan manfaat kesehatan yang jauh lebih luas. Untuk itu jaringan radio swasta ini menghadirkan radio-show multi-brand terbesar di Indonesia, program morning-show dan afternoon-show prime time yang disiarkan serentak di 3 brand radio Masima Radio Network yaitu Delta FM, Bahana FM, dan Female Radio, di 8 kota, Jakarta, Medan, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Makassar dan Manado.

Evan Perdana, Head of Content & Promotion Masima Radio Network menyampaikan,  radio memiliki  peran besar untuk membangun mood pendengar. Karena itu pihaknya ingin ambil bagian dalam memberikan dukungan bagi pendengar di masa penuh tantangan ini untuk tetap optimistis, bersemangat dan fokus pada hal baik. Jaringan radio ini ingin menjadi penghubung antara pendengar dengan dunia, menghindari rasa terisolasi, serta menumbuhkan perasaan bahagia.

Siaran multi brand program Good Morning Indonesia dan Afternoon Feel Good akan disiarkan di 8 kota besar Indonesia dan bisa dinikmati melalui streaming, dengan misi menebar kebaikan dan kebahagiaan untuk masyarakat Indonesia di manapun berada. “Dengan radio host yang ceria, program informatif dan up to date, kami yakin dapat menemani masyarakat untuk terus bahagia. Kami mengajak masyarakat untuk Just be good & do good,” ujar Evan.

Siaran multi brand Good Morning Indonesia akan digawangi oleh 3 penyiar, yakni Ben Kasyafani, Sissy Prescillia dan Nino Kayam. Latar belakang yang berbeda antara ketiganya, dari aktor, presenter, musisi, single, dan menikah serta telah menjadi orang tua, justru memberikan warna yang kaya dan sudut pandang yang berbeda. Disiarkan setiap Senin hingga Jumat, pukul 06.00 - 10.00 WIB mulai 4 Januari 2021. Sementara program afternoon show Afternoon Feel Good akan dipandu Enno Lerian dan Danar Gumilang siaran tiap Senin sampai Jumat, pukul 16.00 - 20.00 WIB mulai 1 Februari 2021.

Ben Kasyafani mengatakan, “Menjalani profesi sebagai penyiar terutama dalam situasi sekarang membuat jiwa saya terasa lebih content dan ada sebersit rasa bangga karena bisa menjadi teman di masa sulit bagi pendengar. Kesepian dan merasa sendiri rasanya bukan kombinasi yang baik untuk menjalani masa yang penuh tantangan ini. Melalui Good Morning Indonesia bersama Sissy dan Nino, kami berkesempatan menghilangkan rasa sepi dan terisolasi, memberikan informasi berharga dan menghadirkan kegembiraan yang sangat diperlukan untuk bertahan menjalani hari yang berat. Terjadi proses timbal balik, dimana gelak tawa bahagia yang dirasakan pendengar terefleksi dan akhirnya turut menjadi kebahagiaan bagi kami juga.”

Psikolog dan peneliti perilaku konsumen Dra. Retno Dewanti Purba MPsi.T memaparkan pendapatnya, kesehatan menjadi satu fokus yang sangat penting saat ini. Tak hanya kesehatan fisik, tapi tentunya juga kesehatan jiwa, karena keduanya merupakan satu kesatuan. Memastikan bahwa kita berada dalam kondisi sehat jiwa semestinya dilakukan dengan sungguh-sungguh agar kita bisa menjalani masa sulit ini dengan lebih positif, gembira dan bahagia dan pada ujungnya membantu terjaganya imunitas tubuh. Saat ketegangan dan kecemasan menjadi beban yang berat, ada baiknya kita mencoba mencari kegiatan yang bersifat menurunkan ketegangan dalam diri, yang menghadirkan perasaan tidak sendiri, membangun mood yang baik dan nyaman berada di rumah.

Radio bisa dijadikan salah satu pilihan yang baik untuk memberikan efek baik pada mood kita. Menghibur diri dengan mendengarkan musik yang enak sambil ditemani percakapan-percakapan yang menyamankan dari program radio diharapkan bisa memberi efek baik dan positif terhadap diri. Lessons learned  selama ini menempatkan radio sebagai salah satu media yang bisa menjadi ‘teman’ seperjalanan bagi pendengarnya. Ada efek ‘companionship’ yang didapatkan karena menemani di banyak situasi dan aktivitas sekaligus dapat menimbulkan rasa ‘terhubung’ dengan dunia luar.

“Tepat memenuhi kebutuhan dalam segala ketidakpastian dan keterbatasan di masa sekarang ini. Tak lupa untuk bersyukur karena sebenarnya kita masih punya ‘kemewahan’ untuk memilih aktifitas yang menghibur, memilih media yang bisa memberi efek senang, nyaman, tentram sambal terus mendapat informasi yang bermanfaat,” tambah Retno.

Menurut Retno, ada 3 hal yang patut kita cermati agar kesehatan jiwa kita terjaga baik. Pertama, adaptasi sebagai upaya yang kita lakukan dengan mengubah respons perilaku agar sesuai dengan keadaan lingkungan saat ini. Dalam konteks pandemi Covid-19 ini, esensi dari semua konsep Adaptasi Kebiasaan Baru sebenarnya bertujuan untuk mengajak kita semua mengadopsi kebiasaan dan perilaku baru dalam keseharian kita agar dapat menghentikan laju penyebaran pandemi yang akhirnya berpengaruh terhadap keseluruhan keseharian kita.

Kedua, coping strategy. Di masa sekarang ini penting bagi individu untuk memiliki cara atau metode yang sesuai untuk mengatasi dan mengendalikan situasi/masalah yang dialami. Dengan cara yang sesuai maka diharapkan individu bisa menghadapi tantangan, hambatan ataupun ancaman dengan lebih baik sehingga bisa menimbulkan efek positif terhadap kesehatan jiwa kita. 

Ketiga, membangun resiliensi. Jika didefinisikan, resiliensi adalah kemampuan individu dalam mengatasi, melalui, dan bangkit kembali setelah mengalami kesulitan. Sebuah kemampuan untuk bounce back saat kita jatuh; biasanya disebut sebagai ketangguhan. Ketangguhan membantu individu bertahan dalam situasi sulit.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)