Master Strive Mengakselerasi Inklusi Digital dan Keuangan | SWA.co.id

Master Strive Mengakselerasi Inklusi Digital dan Keuangan

Mastercard Strive Indonesia, sebuah inisiatif dengan tujuan untuk mempersiapkan usaha kecil agar dapat meraih kesuksesan di era ekonomi digital, mengumumkan bergabungnya sembilan mitra baru yang secara signifikan akan memperluas jangkauan program.

Para mitra baru ini berasal dari berbagai industri seperti e-commerce, perbankan, dan modal ventura, dan akan bekerja bersama dengan para inisiator program ini, yaitu Mastercard Center for Inclusive Growth, Dewan Nasional Keuangan Inklusif, dan Mercy Corps Indonesia.

Program tersebut berpusat pada penguatan ekosistem pendukung usaha kecil dengan menjawab tiga tantangan utama yang dihadapi oleh UMKM, yaitu mendapatkan modal, go digital, serta mengembangkan jaringan dan pengetahuan. UMKM memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia, dengan jumlah mencapai 65 juta atau 99 persen dari total jumlah perusahaan nasional. UMKM juga berkontribusi terhadap 61 persen dari Pendapatan Domestik Bruto Indonesia.

Namun, masih banyak usaha kecil yang harus lebih diperkuat agar dapat terus bertahan dalam keadaan ekonomi yang berubah begitu cepat. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh Mercy Corps Indonesia terhadap 474 UMKM di Jawa Barat: 27 persen dari responden mengutarakan perlunya akses pemasaran dan promosi; 20 persen membutuhkan peningkatan akses terhadap fasilitas kredit, 34 persen membutuhkan keterampilan digital; dan 21 persen mengalami kesulitan dalam pencatatan keuangan.

Ahmad Dading Gunadi, Direktur Pengembangan UMKM dan Koperasi Bappenas mengungkapkan sebagai pemimpin Digitalization Learning Network, Bappenas berkomitmen untuk memberikan perspektif penting yang selaras dengan poin-poin penting dalam rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN).“ Adanya jaringan ini akan menjadi nilai tambah bagi studi kami yang mengidentifikasi tantangan yang akan dihadapi usaha kecil di Indonesia dalam 10 sampai 20 tahun mendatang. Selain itu, pendekatan ini akan membantu Bappenas dalam merumuskan perencanaan strategis untuk meningkatkan kemampuan adaptasi dan ketahanan UMKM di masa yang akan datang," ujarnya pada konfrensi pers di Jakarta, Kamis (31/08/2023)

“Bersama dengan Mastercard Strive Indonesia, Doku berkomitmen untuk mendukung UMKM di Indonesia. Dengan menggabungkan penggunaan alat-alat digital dan program pelatihan seperti Juragan Doku, kami akan mendukung UMKM untuk mempercepat kehadiran bisnis mereka dan memperluasnya secara digital,” ujar Nabilah Alsagoff, Chief Operating Officer Doku.

Ade Soekadis, Executive DirectorMercy Corps Indonesia mengatakan, inisiatif ini untuk berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan merupakan bukti dari pendekatan strategis Mercy Corps Indonesia dalam menciptakan peluang ekonomi untuk mendukung pertumbuhan yang inklusif. Melalui kolaborasi ini, Mercy Corps Indonesia akan memastikan Usaha Mikro dan Kecil (UMK), terutama usaha yang dipimpin atau dimiliki oleh perempuan, diberdayakan melalui digitalisasi dan layanan keuangan yang inklusif. Selain itu, kami berkomitmen untuk mendorong perubahan kebijakan untuk mendukung ekosistem UMK dengan membangun Digital Learning Network, yang akan secara aktif terlibat dalam berbagai kegiatan diskusi dan seminar.

Subhashini Chandran, Vice President, Social Impact Asia Pacific Mastercard Center for Inclusive Growth mengatakan, “Pasar e-commerce di Indonesia telah menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, dengan mencakup hampir 50 persen pangsa pasar dan diproyeksikan menyentuh US$ 95 miliar pada tahun 2025. Meskipun begitu, baru 29 persen dari UMKM yang telah memanfaatkan e-commerce untuk mengakses pasar dan bertumbuh. Mastercard Strive Indonesia akan terus berusaha untuk menciptakan lingkungan yang mendukung melalui kemitraan guna membantu UMKM masuk dalam ekonomi digital den berkembang.

Mastercard meyakini dalam upaya untuk mengembangkan ekonomi digital yang lebih inklusif dan berkelanjutan – yang dapat dinikmati oleh semua individu di manapun mereka berada – kolaborasi memiliki potensi untuk membawa kemajuan yang sangat besar. Selain program Mastercard Strive Indonesia dan Mastercard Academy 2.0, Mastercard secara aktif bekerja sama dengan mitra dari sektor swasta dan publik di Indonesia untuk merancang inisiatif yang bertujuan mendorong inklusi keuangan dan digital bagi seluruh masyarakat.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)