Mastercard Targetkan 300 Ribu UMKM Mengakses Digital dan Permodalan | SWA.co.id

Mastercard Targetkan 300 Ribu UMKM Mengakses Digital dan Permodalan

Jajaran direksi Mastercard bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat peluncuran program Mastrecard Strive Indonesia. (Ubaidillah/SWA)

Di Indonesia, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peran krusial dalam perekonomian nasional. Jumlah UMKM mencapai 64 juta atau 99% dari total jumlah perusahaan nasional, dan memberikan kontribusi sebesar 61% pada Produk Domestik Bruto (PDB). 

Namun, hanya sekitar 17,5 juta UMKM yang telah menjadi bagian dari ekosistem digital. Selain itu, sekitar 18 juta UMKM di Indonesia masih memerlukan akses ke pembiayaan formal, dan 46 juta UMKM masih memerlukan tambahan pembiayaan untuk keperluan modal usaha dan investasi.

Payal Dalal selaku Senior Vice President, Social Impact, International Markets Mastercard Center for Inclusive Growth mengatakan bahwa digitalisasi dapat membantu usaha kecil menghemat biaya, meningkatkan pendapatan, mengatasi ketidakpastian pendapatan, dan meningkatkan produktivitas. Namun, untuk dapat memanfaatkan keuntungan dari digitalisasi, mereka membutuhkan dukungan yang tepat.

Untuk membantu para pelaku usaha kecil memperoleh akses permodalan, mengadopsi teknologi digital, mengembangkan jaringan dan meningkatkan pengetahuan mereka, sekaligus memperkuat ekosistem pendukung usaha kecil, Mastercard meluncurkan program Strive Indonesia. Program Ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia. 

“Strive Indonesia dirancang untuk menciptakan permintaan akan digitalisasi dan mengurangi hambatan dalam menerapkan transformasi digital. Mastercard ingin agar usaha kecil dapat memanfaatkan teknologi digital untuk membangun ketahanan dan berkembang,” katanya saat peluncuran di Jakarta, Selasa (04/04/2023).

Mastercard Strive Indonesia akan berfokus pada tiga tujuan pertama mendorong adopsi teknologi digital, kedua memberikan akses terhadap permodalan, dan ketiga memperkuat ekosistem pendukung usaha kecil. Program ini akan berlangsung selama tiga tahun dengan tujuan memberdayakan 300.000 usaha kecil di seluruh Indonesia.

Presiden Direktur Mastercard Indonesia Navin Jain mengatakan usaha kecil merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Pemerintah Indonesia berupaya untuk memperluas cakupan digitalisasi bagi UMKM yang merupakan salah satu pilar terkuat dalam perekonomian Indonesia. 

Mastercard bermitra dengan Mercy Corps Indonesia dan DNKI meluncurkan Strive Indonesia, yang bertujuan untuk membantu UMKM di Indonesia meningkatkan ketahanan keuangan dan pertumbuhan bisnis melalui digitalisasi dan akses terhadap kredit. Selain itu, program ini juga akan meningkatkan ketahanan siber usaha kecil dengan meningkatkan kesadaran dan keterampilan keamanan siber mereka. 

“Kemitraan dalam mendukung upaya pemerintah untuk membantu 30 juta UMKM beralih ke ekosistem digital pada tahun 2024. Mastercard percaya kolaborasi ini dapat membantu UMKM memperkuat ketahanan dan mengoptimalkan potensi mereka untuk memajukan pertumbuhan ekonomi yang inklusif,” katanya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)