Mau Sukses Berjualan Lewat Marketplace, Berikut Kiat-kiatnya

Pipit Indrawati, Merchant Education Senior Lead Tokopedia

Tokopedia menggelar virtual media workshop yang mengangkat tema ‘Membangun Bisnis di Tengah Pandemi’ bersama Merchant Education Senior Lead Tokopedia, Pipit Indrawati dan Pemilik Bisnis Alpukat ‘Avocadron’, Karlina Kurniawati.

Pipit mengatakan, Tokopedia konsisten mengakselerasi adopsi platform digital bagi pegiat usaha lokal, khususnya UMKM, agar bisnis yang masih sepenuhnya dikelola luring dapat tetap beroperasi di tengah pandemi lewat kanal daring.

“Siapa pun bisa menciptakan peluang bersama Tokopedia dan menjadi bagian dari lebih dari 9,4 juta penjual di Tokopedia. Masyarakat bisa membuka toko secara mudah, gratis, di mana dan kapan saja,” ujar dia.

Pipit dan Karlina pun membagikan tips membangun bisnis khususnya di tengah pandemi.

1. Punya Produk
Hal paling mendasar adalah menentukan produk yang akan dijual. Produk bisa berupa hasil karya sendiri atau dimulai dengan menjadi reseller. Penjual bahkan bisa menerapkan sistem pre-order (PO) untuk memastikan terlebih dahulu jumlah permintaan.

2. Manfaatkan Marketplace
Penjual yang memanfaatkan marketplace dapat mengakses pasar yang lebih luas. Melalui Tokopedia, misalnya, saat ini layanan Tokopedia sudah menjangkau 98\% kecamatan di Indonesia. Di sisi lain, Tokopedia dikunjungi lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan.

Ekosistem marketplace juga dinilai lebih cocok dan aman untuk mewadahi transaksi daring. “Selain membantu menjangkau pasar lebih luas, lewat Tokopedia, saya tidak perlu lagi melakukan pengecekan transaksi secara manual. Mulai dari menghitung ongkir dan pemilihan logistik, mengecek pembayaran dan lain-lain, semua sudah tersistem,” jelas Karlina.

3. Branding Itu Penting
Branding menjadi penting karena mencakup penentuan identitas produk atau toko. Mulai dari penentuan audiens, nama produk atau toko, fokus atau karakter, hingga logo dan tagline. Kesatuan identitas ini akan menjadi pembeda dengan produk atau toko lain. Branding pun diperlukan untuk memperkuat daya saing demi mempertahankan kelangsungan bisnis.

4. Marketing Juga Penting
Penjual dapat melakukan pemasaran sesuai dengan target pasar. “Mulai dari pemanfaatan media sosial untuk melakukan promosi hingga berbagai fitur di Tokopedia seperti fitur Dekorasi Toko, Voucher Toko, Rilisan Spesial, Broadcast, TopAds hingga Bebas Ongkir yang dapat membantu meningkatkan penjualan,” jelas Pipit.

5. Berikan Pelayanan Berkesan
Kunci meraih kesuksesan berbisnis di era digital adalah memberikan pelayanan terbaik dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Misalnya dengan memperhatikan kecepatan membalas pesan calon pembeli. Selain cepat, kualitas pesan sebaiknya diperhatikan dan bersifat proaktif.

“Kepuasan pelanggan adalah hal utama menjalankan bisnis Avocadron, maka kami selalu berusaha memberikan layanan dan produk terbaik sehingga dapat menjaga kepercayaan pelanggan,” ungkap Karlina.

Tokopedia juga menyediakan pendampingan dan akses terhadap materi edukasi dalam bentuk kelas online atau webinar bagi pebisnis baru atau yang sudah menjadi penjual di Tokopedia melalui Pusat Edukasi Seller. Tema yang diangkat sangat beragam, mulai dari cara membuka toko, tips mendapat pesanan pertama, keuntungan berjualan online, membuat konten promo menarik dan lainnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)