Mau Tahu Sumber Kekuatan Merek Sharp?

Merek terbaik tak melulu yang menawarkan harga murah. Tapi, merek tersebut harus memiliki banyak kelebihan. Brand yang kuat dihasilkan dari produk yang bagus, berkualitas, serta didukung promosi dan jaringan servis yang kuat.

“Sharp sudah puluhan tahun hadir. Saya pikir kami sudah punya hubungan yang baik dengan customer di Indonesia. Jaringan pemasaran kami luas, ada 27 cabang dan dilengkapi 300 jaringan servis,” kata kata Andry Adi Utomo, Senior General Manager Sales & Marketing Division Sharp.

Dia menjelaskan, strategi Sharp untuk memenangi persaingan tak fokus di harga. Meskipun begitu, melahirkan barang baru dengan kualitas bagus dan harga bersaing menjadi tantangan tersendiri. Mereka menyiasatinya dengan iming-iming hadiah, seperti pengundian hadiah liburan setiap 6 bulan sekali untuk setiap pembelian produk tertentu.

“Kami sedang mengubah arah aktivitas dari analog ke digital. Dulu dagang menawarkan barang menggunakan stok dan menjelaskan benefit dengan kertas. Sekarang, kami mencoba mengubah hal tersebut ke digital, Kami membuat beberapa video pendek di Youtube untuk beberapa kategori produk,” katanya.

andry-adi-utomosenior-gm-national-sales-sharp1 Andry Adi Utomo, Senior General Manager Sales & Marketing Division Sharp.

Dia menambahkan, video bisa menjelaskan lebih banyak daripada gambar. Meski begitu, promosi konvensional seperti lewat iklan di TV, radio, koran, serta Point of Purchase masih lebih besar yaitu 70%. Promosi Sharp di kanal digital seperti Youtube semakin besar seiring makin banyaknya generasi millenial yang merupakan pembeli potensial di masa depan.

“Kami bekerjasama dengan Youtuber ternama. Jumlah penonton video bisa mencapai 1 juta lebih. Ini yang membuat kami sempat mendapat penghargaan dari Youtube menjadi video nomor dua yang paling banyak ditonton,” katanya.

Keuntungan promosi di kanal digital adalah biayanya yang jauh lebih murah. Sehingga, aktivitas below the line tak lagi memakan biaya besar seperti untuk membuat booth, sewa tempat, dan lainnya. Meski begitu, konsumen sekarang juga semakin cerdas seiring mudahnya membandingkan harga

“Perang harga masih marak terjadi. Toko konvensional dan online berebut customer. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Untuk mengatasinya, kami minta mereka tidak saling-bunuh. Toko online bisa mengajak toko konvensional untuk menaruh barang di online. Mereka dapat fee,” ujar dia.

Misalnya, toko online di Jakarta tidak perlu mengirim barang dari Jakarta untuk pembeli LCD TV di Yogyakarta. Ini bisa disiasati dengan meminta dealer Sharp yang terpercaya di Kota Gudeg atau daerah lain yang terdekat. Skema ini sudah berjalan mulai tahun ini di beberapa toko online dan melibatkan beberapa dealer Sharp yang berkinerja bagus.

“Kami berkomitmen selalu menghasilkan produk yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Kami sering melakukan survei lewat kuesioner. Hasilnya diolah tim RnD kami. Produk kami juga harus dekat dengan konsumen, local fit,” katanya. (Reportase: Nerissa Arviana)

Baca juga:

Kulkas Sharp Paling Laris, Ini Rahasianya

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)